Tren Pasar Naik, Bakal Banyak SUV Anyar di 2020

Tren Pasar Naik, Bakal Banyak SUV Anyar di 2020
Suzuki atau Maruti XL6 saat diluncurkan di India disebut-sebut bakal meluncur di Indoesia awal tahun 2020 - dok.Cardekho

Jakarta, Motoris – Tren kenaikan penjualan di segmen Sport Utility Vehicle (SUV)  sepanjang  2019, diperkirakan bakal berlanjut pada 2020, baik di Indonesia maupun di pasar global.

Kondisi ini terjadi karena didorong selera masyarakat yang berubah. Menariknya, rumors menyatakan jika sejumlah agen pemegang merek (APM) di Indonesia bakal “gaspol” menjajakan model baru di segmen ini medio 2020.

Prediksi ini diungkapkan peneliti senior Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Mohammad Faisal. Dia mengatakan, dilihat dari data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tren yang terjadi sepanjang Januari – Oktober lalu, penjualan SUV meningkat.

“Tentunya ini bagus. Sebab, selera itu jadi pertanda, bahwa ada peningkatan dari orang yang sebelumnya (pakai) model lain ke SUV, dan sepertinya tren ini mengikuti (di pasar) global, juga akan terus naik. Termasuk di tahun 2020 masih berada di tren kenaikan. Meskipun, (penjualan) yang terbanyak masih MPV, tetapi SUV juga mulai berkembang,” ucap Faisal.

Pernyataan Faisal diamini Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, yang dihubungi Jumat (13/12/2019). Menurut dia, masyarakat menyukai SUV karena merek-merek yang ada di Tanah Air juga menyuguhkan alternatif pilihan yang sesuai harapan dan kebutuhan, yakni SUV tujuh kursi penumpang.

Baca juga: Kebangkitan Penjualan SUV Ancam Polusi Udara

Kia Seltos, SUV kompak terbaru besutan Kia Motors – dok.Autoindustriya

“Karena kendaraan dengan seven seater (tujuh kursi penumpang) itu sesuai dengan selera masyarakat kita. Sebab, orang kita, itu suka bepergian bersama keluarga atau teman. Itu budaya kita. Tahun ini (2019) tren penjualannya naik kan. Saya lupa angka (volume penjualan), tapi market-nya (pangsa pasarnya) sekitar 17 – 17,5%,” ujar Jongkie.

Pernyataan senada diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat ditemui di sela acara Year End Media Gathering Toyota, di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

“Tren pasar memang naik. Kalau sekitar lima tahun lalu (porsi pasar SUV) itu masih di sekitar 11-13%, tetapi sekarang sudah di 17-18%. Tren ini, saya kira akan terus naik di (tahun 2020) nanti, seiring dengan tren global,” ucap Anton.

Data Gaikindo menunjukan, di Januari – Oktober penjualan SUV mencapai sekitar 147.407 unit. Jumlah ini setara dengan 17,4% dari total penjualan, yakni 847.164 unit. Dari jumlah penjualan SUV  itu, Toyota Rush terjual 52.353 unit. Jumlah ini naik 15,94% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2018.

Baca juga: Toyota Raize – Daihatsu Rocky, Episode Anyar Cerita Mobil Kembar

Ilustrasi, Toyota Rush – dok.Motoris

Gelontoran model anyar
Seorang kolega Motoris di internal Indomobil mengakui, potensi pertumbuhan SUV tahun 2020 cukup tinggi. Lantaran itulah, PT Suzuki Indomobil (SIS) disebut juga akan menggelontorkan varian SUV, Suzuki XL7 (yang di india dinamai XL6).

“Kabarnya, rencana peluncurannya pada kuartal pertama tahun depan (2020),” kata dia.

Selain Suzuki, PT Kreta Indo Artha (KIA) – perusahaan anyar yang dibentuk Indomobil Group bersama PT Sarimitra Kusuma Ekajaya untuk mengageni merek Kia di Indonesia – juga bakal meluncurkan SUV kompak Kia Seltos.

“Kabarnya, Desember, tetapi bisa saja mundur di awal-awal 2020,” papar sang kolega.

Baca juga: Desember, Kia Seltos Siap Sodok Honda HR-V

Tampilan depan Toyota Raize – dok.Toyota Global

Merek lain yang juga disebut-sebut bakal menggelontorkan SUV kompak adalah Toyota dan Daihatsu Indonesia, yakni Raize dan kembarannya Rocky. Hanya, ketika dikonfirmasi soal kabar itu, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy enggan mengomentari.

“Soal future product, kita belum bisa komentar. Semua produk baru, termasuk Raize kita study,” kata dia singkat saat ditemui di sela acara End Year Media Gathering Toyota, di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Adapun Marketing & Development Division Head KIA, Ario Soerjo, yang dikonfirmasi sebelumnya, Jumat (22/11/2019), lalu tak menyangkal kabar tersebut. Meski tak bersedia memastikan jadwal peluncuran SUV itu.

Dihatsu Rocky versi baru varian warna merah – dok.Motoris

“Kalau kapannya (tanggal peluncuran), ditunggu saja undangan selanjutnya dari kami,” kata dia. (Fer/Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This