Tahun Depan Toyota Pede Penjualan Lebih Laris

Tahun Depan Toyota Pede Penjualan Lebih Laris
Logo Toyota - dok.ttnews.com

Tokyo, Motoris – Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporations optimistis dapat mengantongi angka penjualan yang lebih laris tahun depan (2020). Perusahaan pemegang saham PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu berambisi dapat mencapai angka penjualan 10,77 juta kendaraan sepanjang 2020 mendatang.

Melansir Reuters, meskipun pasar di Cina dan juga Amerika Serikat (AS) mengalami perlambatan, tidak membuat gentar Toyota untuk menaikkan target penjualannya. Salah satu strateginya, perusahaan akan menggenjot penjualan produk, dari merek  Toyota, Lexus, Daihatsu juga  truk Hino.

Sepanjang tahun lalu, perusahaan mencatatkan penjualan sebanyak 10,72 juta unit hingga Desember 2019. Ketatnya persaingan di dunia otomotif untuk menjual lebih banyak kendaraan merupakan strategi jitu untuk mengejar skala ekonomi dan juga untuk mengurangi beban keuangan.

Maklum para raksasa otomotif tersebut sudah melakukan banyak investasi untuk mengembangkan teknologi masa depan, termasuk di dalamnya kendaraan autonomous, juga mobil listrik.

Baca juga: Jurus Anyar Toyota di Mobil Listrik, Bikin Mirai Kian Menarik

Ilustrasi, Toyota Prius model 2019 – dok.Istimewa

Selama lima tahun ke belakang, perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen, yang menjadi pembuat mobil terlaris 2018 lalu, membukukan penjualan 10,83 juta unit termasuk kendaraan alat berat seperti MAN dan Scania.

Khusus di Indonesia, melalui TAM, perusahaan memproyeksi penjualannya pada 2019 ini bakal mengalami penyusutan sekitar 5 hingga 6%. Kendati begitu, agen pemegang merek Toyota di Indonesia ini masih meyakini menjadi pemegang pangsa pasar terbesar.

“Saya rasa ini karena faktor market secara keseluruhan yang turun ya. Sampai Oktober kemarin kan market turunnya sekitar 11%. Kalau saya lihat November masih sama (di tren penurunan), sehingga diperkirakan penjualan (Toyota) turun 5-6%. Tetapi pangsa pasarnya, seperti terlihat di (data) Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), masih di 32%-an,” papar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy beberapa waktu lalu.

Baca juga: Toyota Avanza dan Innova Masih Paling Moncer di Pasar Mobkas

Ilustrasi, Toyota New Calya – dok.Motoris

Hingga Oktober lalu, penjualan mobil Toyota dari pabrik ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 276.657 unit. Jumlah ini menciut sekitar 6,2% dibanding periode sama tahun lalu dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 32,4%. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS