Hingga November, Pasar Mobil Murah Masih Muram

Hingga November, Pasar Mobil Murah Masih Muram
Ilustrasi, tampilan belakang Honda All New Brio Satya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Bukan hanya segmen menengah ke atas saja yang penjualannya masih turun di periode Januari – November, tetapi juga mobil murah alias  low cost green car (LCGC). Selama periode itu, LCGC membukukan penjualan 198.463 unit.

Data yang dikompilasi Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan mobil murah sepanjang sebelas bulan itu melorot 7,3% dibanding tahun lalu.  Selama sebelas bulan di tahun 2018, penjualan masih 214.185 unit.

Tren penurunan mobil murah ramah lingkungan ini, sejatinya sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu atau bahkan sejak awal tahun. Sepanjang Januari – September tahun ini misalnya, penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) LCGC susut 12.114 unit jika dibanding periode sama 2018. Jika sebelumnya masih sebanyak 168.756 unit,  sembilan bulan tahun ini hanya 156.642 unit.

Baca juga: Elegi Mobil Murah Sejagat Berakhir

Ilustrasi, peluncuran versi anyar atau versi penyegaran LCGC Toyota Calya – dok.Motoris

“Ini bukan karena kualitas produk yang tidak diminati, tetapi kalau saya melihatnya justeru sekarang inilah market LCGC itu benar-benar pada tingkatan yang normal, atau aslinya. Kalau sebelum-sebelumnya kan ada euforia, tetapi sekarang cenderung stagnan,” tutur Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, saat ditemui di sela acara Year End Media Gathering Toyota, di Jakarta, belum lama ini.

Tren penurunan penjualan juga masih terkadi di rentang waktu Januari – Oktober.  Di kurun waktu ini distribusi  LCGC hanya sebanyak 177.860 unit, susut hampir 7% dianding periode sama tahun lalu.

Hingga akhir Oktober atau selama 10 bulan pertama tersebut, Honda Brio Satya menjadi jawara penjualan dengan jumlah 44.188 unit. Dia disusul, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, yang masing-masing terjual 43.474 unit dan 42.626 unit Calya.

Baca juga: Penjualan Honda Ambles 17,34%, Masih Bertumpu ke Brio

Ilustrasi, New Astra Daihatsu Sigra – dok.ADM

Setelah itu di pososi keempat dan kelima terdapat Toyota Agya dan kembarannya Daihatsu Ayla. Penjualan mereka 20.002 unit dan 19.966 unit. Itulah ima besar pasar LCGC sepanjang Januari – Oktober tahun ini. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS