Mercy Gandeng Geely Lahirkan Smart Bertenaga Listrik

Mercy Gandeng Geely Lahirkan Smart Bertenaga Listrik
Smart ForTwo bersumber tenaga dari motor listrik - dok.Istimewa

Beijing, Motoris – Mercedes-Benz bakal melakukan rebranding Smart mobil kecil miliknya, menjadi sepenuhnya bertenaga listrik. Smart generasi keempat ini rencananya akan dilahirkan berkolaborasi dengan Zhejiang Geely Holding Grup Co Ltd, perusahaan otomotif raksasa China.

Ola Kallenius, Chairman of the Board Daimler AG sekaligus CEO Mercedes-Benz AG menyatakan, kedua perusahaan sepakat mendirikan usaha patungan dan meluncurkan produk mobil listrik Smart.

Keduanya sepakat untuk menginvestasikan sekitar US$ 777 juta ke dalam usaha barunya yang akan berbasis di kota pantai China, Ningbo. Dalam pelaksanaan kerja sama itu, keduanya berbagi tugas di mana Geely akan membuat rekayasa rancang mobil sementara Mercedes yang bertanggung jawab atas tampilan keseluruhan Smart baru itu.

Pada 2017, Daimler sebenarnya pernah membuat merek mobil pintarnya di Amerika Utara. Namun akhirnya kehilangan dua pertiga komitmen penjualan diler mitranya di Amerika Serikat (AS).

Mobil listrik di Jerman, Smart ForTwo listrik – dok.Car Sales Statistic

Penyebab utamanya adalah Smart yang diproduksi di Amerika Utara dinilai memiliki traksi yang lebih lamban dibandingkan versi sebelumnya. Diketahui Daimler dan rekanannya di Amerika Utara itu hanya mengkonversi tenaga baterai dari Smart terdahulu.

“Kami berharap dapat terus melanjutkan kolaborasi kami untuk menghadirkan produk dan layanan yang diinginkan kepada pelanggan di seluruh dunia,” ujar Kallenius dilansir Electrek.

Chairman Geely Holding, Li Shufu menilai Smart merupakan merek pintar yang memiliki keunikan dan pengaruh global. Produk ini telah tumbuh sebagai pemimpin dalam kategori mobil perkotaan.

“Kami bekerja sama dengan Mercedes-Benz untuk mengubah brand ini menjadi pemain terkemuka di kendaraan listrik premium perkotaan yang sukses,” ujarnya. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This