Penjualan Mobil Lampaui Target 1 Juta, Toyota Masih Jawara

Penjualan Mobil Lampaui Target 1 Juta, Toyota Masih Jawara
IlustrasiToyota Avanza - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil di Indonesia sepanjang tahun 2019 kemarin tercatat sebanyak 1.026.921 unit, atau ambles hingga 10,8% dibanding penjualan tahun sebelumnya yang sebanyak 1.151.413 unit. Namun, penjualan ini melampuai target yang telah direvisi yakni 1 juta unit.

“Iya, seperti yang kita duga sebelumnya, penjualan bisa 1 juta unit atau bahkan lebih. Meskiun pada Agustus lalu, kita sempat revisi karena melihat situasi dan kondisi yang membawa dampak terjadinya tren penurunan (penjualan). Faktor ekonomi yang terdampak ekonomi global karena harga komoditas (yang turun) dan politik (politik) menjadi penyebab,” ungkap Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Data Gaikindo juga menunjukan, di tahun 2019 itu, Toyota masih bercokol di posisi teratas atau jawara dalam daftar penjualan. Merek ini menjual 333.222 unit atau menggenggam pangsa pasar sebesar 32%. Meski dibanding tahun 2018 yang sebanyak 353.471 unit, penjualan tahun ini ambrol.

Susutnya penjualan sepanjang tahun 2019, sebelumnya sudah diprediksi Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. Dia memperkirakan penjualan Toyota turun sekitar 6%.

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

“Tetapi, seperti yang terlihat di data Gaikindo, market share Toyota masih 32%-an. Saya kira akan tetap bertahan (market share) sebesar itu sampai akhir tahun. Penurunan ini kan seiring dengan market  secara keseluruhan yang memang (berada) di tren turun, sekitar 10 – 11% prediksinya,” ungkap dia saat dihubungi Motoris, belum lama ini.

Berada di urutan kedua terbesar dalam penjualan adalah Daihatsu yakni sebanyak 177.284 unit. Meski angka ini longsor dibanding penjualan tahun 2018 yang sebanyak 202.738 unit.

Sedangkan Mitsubishi tetap berada di urutan ketiga dalam daftar merek terlaris tahun 2019. Merek berlambang tiga berlian itu membukukan penjualan sebanyak 161.765 unit atau ambles dibanding penjualan tahun 2018 yang mencapai 194.331 unit. (Fer/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This