Berkat Avanza Cs, Toyota Genggam 32,2% Pasar Mobil RI

Berkat Avanza Cs, Toyota Genggam 32,2% Pasar Mobil RI
New Toyota Avanza dan Avanza Veloz - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjual mobil Toyota ke diler (wholesales) sebanyak 331.797 unit, atau susut 5% dibanding wholesales sepanjang tahun 2018. Namun, pangsa pasar yang digenggam Toyota Indonesia ini justeru naik dari 30,6% menjadi 32,2%.

Mengembungnya pangsa yang direbut Toyota dikarenakan pasar secara keseluruhan selama tahun 2019 juga ambles 10,5% dengan total penjualan 1,03 juta unit. Semua merek mengalami penyusutan penjualan.

Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto menyebut kenaikan pangsa pasar di tengah lesunya industri otomotif nasional itu merupakan bukti loyalitas konsumen terhadap Toyota.

“Kami bersyukur raihan penjualan 2019 mencerminkan loyalitas konsumen terhadap produk-produk Toyota yang senantiasa terjaga dan terpelihara seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutur dia dalam keterangan resmi, Selasa (21/1/2020).

Toyota All New Kijang Innova, sepanjang tahun 2019 ini menguasai 97% pangsa pasar MPV medium di Indonesia – dok.Motoris

Penyumbang angka penjualan terbesar Toyota di sepanjang tahun 2019 adalah model MPV, yakni sebanyak 203.205 unit atau 61,2% dari total penjualan. Di segmen mobil keluarga serbaguna ini, Low MPV Toyora Avanza dan Veloz membukukan penjualan terbanyak, 86.374 unit.

“Dua model ini mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 5,1% menjadi 86.374 unit. Sehingga pangsa pasar keduanya terkerek dari 28,7% menjadi 34%,” ucap Henry.

Model lain yang menjadi kontributor penjualan terbanyak adalah SUV, yakni sebanyak 78.657 unit atau 23,7% dari total penjualan. Pada segmen ini, Toyota Rush membukukan penjualan sebanyak 61.659 unit, atau naik 15,9% dibanding penjualan tahun lalu.

Pada segmennya, Rush meraup 54% pangsa pasar. Artinya, pangsa pasar yang digenggamnya menggelembung dibanding tahun 2018 yang masih sebesar 42,1%.

Ilustrasi, Toyota Rush – dok.Motoris

Sedangkan model sedan Toyota di tahun itu membukukan penjualan sebanyak 2.853 unit. Jumlah ini naik 36,6% dibanding penjualan tahun 2018.

Mobil hybrid
Fakta menarik lain yang bisa dilihat dari data penjualan Toyota Indonesia adalah kontrbusi mobil terelektrifikasi khususnya hybrid electrified vehicle (HEV). Mobil-mobil jenis ini tercatat memberi sumbangan penjualan hampir 2.500 unit.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy menyebut fakta itu sebagai bukti bahwa konsumen otomotif di Indonesia semakin memahami pentingnya kehadiran mobil HEV sebagai sarana mobilitas.

Toyota C-HR hybrid – dok.Motoris

“Kami optimis kendaraan HEV akan semakin diterima masyarakat luas,” kata dia.

Toyota C-HR hybrid yang diluncurkan pada April 2019 lalu menjadi kontributor terbesar penjualan yakni sebanyak 42,4%. Sedangkan sedan Toyota Camry HEV membukukan penjualan 29,4% dari total penjualan di mobil jenis hybrid itu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This