Kantong Udara Bermasalah, Toyota Tarik 3,4 Juta Kendaraan di AS

Kantong Udara Bermasalah, Toyota Tarik 3,4 Juta Kendaraan di AS
llustrasi, Toyota Corolla Altis - dok.Istimewa

Detroit, Motoris – Toyota menarik kembali 3,4 juta kendaraan di dunia yang disebabkan kantong udara tak berfungsi saat terjadi tabrakan.

Adalah ZF-TRW, sistem pengoperasian kantong udara tersebut yang diketahui sangat rentan terhadap gangguan listrik, sehingga tidak mengirimkan sinyal ke kantong udara supaya mengembang saat kendaraan mengalami benturan keras.

Atau bisa jadi karena kendaraan tersebut tidak memiliki sensor perlindungan terhadap kebisingan listrik yang terjadi dalam kecelakaan, yang menyebabkan kerja kantong udara tidak maksimal. Demikian laporan yang dilansir dari Reuters dan Marketwatch yang menyatakan masalah serupa pun pernah dialami Honda.

Adapun kendaraan Toyota yang ditarik kembali sebanyak 2,9 juta di Amerika Serikat (AS), mencakup jenis Corolla keluaran tahun 2011-2019, Matriks tahun 2011-2013, Avalon tahun 2012-2018 dan Avalon Hybrid tahun 2013-2018.

Ilustrasi recall kendaraan karena airbag bermasalah- dok.Istimewa

Pihak Toyota mengeluarkan pernyataan bahwa komputer kemungkinan tidak memiliki perlindungan yang memadai terhadap suara bising dalam kecelakaan. Masalahnya kantong udara tidak membuka secara sempurna, atau mereka justru sama sekali tidak terbuka alias gagal fungsi.

Dalam beberapa kasus, diler Toyota akan menginstal sebuah filter kebisingan antara kantong udara dan sabuk pengaman. Tapi pada beberapa kendaraan lain, diler akan melakukan pengecekan terhadap komputer untuk memastikan apakah perlu pemasangan filter atau tidak.
Nantinya perusahaan akan memberikan kepastian kepada pemilik kendaraan pada pertengahan Maret 2020.

Juru Bicara Toyota menyarankan kepada pemilik kendaraan yang dimaksud untuk segera menghubungi hotline pelanggan guna mendiskusikan masalah tersebut.

National Highway Traffic Safety Administration AS (NHTSA) melakukan investigasi terhadap masalah pengoperasian komputer kantong udara ZF-TRW pada bulan Maret 2017. Hingga investigasi diperpanjang sampai April 2019, menunjukkan sebanyak 12,3 juta kendaraan dari enam merek berbeda mengalami masalah. Keenam merek itu adalah Toyota, Honda, Kia, Hyundai, Mitsubishi dan Fiat Chrysler dari tahun 2010 hingga model 2019.

Ilustrasi, Honda juga terasuk merek yang menarik unitnya karena masalah airbag – dok.Pixabay

Honda pernah menarik kembali sebanyak 2,7 juta kendaraan di AS dan Kanada karena persoalan kantong udara. Bedanya, pada kantong udara Honda itu diduga dapat menghancurkan tabung logam dan melemparkan pecahan peluru ke pengemudi dan penumpang. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This