Toyota Tempel Rekor Penjualan Volkswagen Tahun 2019

Toyota Tempel Rekor Penjualan Volkswagen Tahun 2019
Ilustrasi proses produksi mobil Toyota - dok.Motors.mega.au

Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation terus menempel rekor penjualan tahunan Volkswagen (VW) di tahun 2019, meski belum bisa mengalahkannya. Pabrik otomotif raksasa Jepang ini tercatat meraih angka penjualan 10,74 juta unit kendaraan, sedangkan VW berkibar di atas angin dengan rekor penjualan 10,97 juta kendaraan, sekaligus menjadi rekor baru penjualan pabrikan asal Jerman tersebut.

Setahun sebelumnya, tepatnya tahun 2018, VW menorehkan angka penjualan 10,83 juta kendaraan, sekaligus menggeser penjualan Toyota Crown, yang menjadi produk terlaris.

Dilansir dari Daily Mail, penghitungan penjualan masih menjadi indikator kuat untuk mengukur kesuksesan pabrikan dalam persaingan industri global yang sangat kompetitif. Meski demikian, baik Toyota dan VW tidak memprioritaskan untuk merebut gelar sebagai pemimpin global, melainkan fokus untuk memberikan produk yang terbaik.

Meski posisinya tergeser, Toyota menyebutkan kalau penjualan tahun 2019, terutama pada produk sedan Camry, Prius Hybrid, dan kendaraan di segmen kelas mewah Lexus ini mengalami peningkatan. Peningkatan tahun ini merupakan yang keempat kalinya dengan besaran 1,4% dari tahun sebelumnya.

General Motors Co, produsen mobil dari Amerika Serikat yang menjadi pemegang gelar produsen mobil selama tujuh dekade ini dibuat tidak berkutik oleh VW dan Toyota.

Di Indonesia sendiri, sejumlah merek mobil Toyota laris manis dibeli konsumen. Data Gaikindo menyebutkan penjualan terbanyak sepanjang tahun lalu masih digenggam Toyota Avanza sebanyak 86.374 unit. Posisi penjualan terbanyak kedua adalah Honda Brio yang terjual 70.344 unit, disusul Mitsubishi Xpander 62.666 unit di posisi ketiga.

Toyota kembali berada di klasemen dengan menempatkan Rush di posisi keempat dengan catatan penjualan 61.569 unit, dan Toyota Calya di urutan kelima dengan 54.549 unit. Lalu, penjualan Toyota Kijang Innova laku dibeli konsumen sebanyak 52.981 unit sehingga menempati posisi keenam dan Suzuki Carry ada di posisi ketujuh dengan terjual sebanyak 52.694 unit. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This