Anti ODOL dan Mandatori B40, Bisa Picu Penjualan Truk?

Anti ODOL dan Mandatori B40, Bisa Picu Penjualan Truk?
Ilustrasi, truk Hino - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2019 lalu penjualan truk – mulai dari truk ringan hingga berat – di Indonesia merosot hingga 17% dibanding tahun 2018. Namun, di tahun 2020 ini, ada asa penjualan bakal kembali menanjak.

“Ada kondisi yang bisa menjadi pemicu demand. Pertama mandatory penggunaan bahan bakar biodiesel mulai dari B30 dan nantinya B40. Bahan bakar ini kan campuran antara solar dengan minyak nabati sawit atau CPO (Crude Palm Oil). Nah, kalau CPO terserap untuk produksi BBM ini, maka produksinya di perkebunanan kan naik. Jadi demand truk akan bertambah,” tutur Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Begitu pun dengan kebijakan melarang truk Over Dimenssion Over Loading (ODOL) melintas di jalan yang saat ini gencar dilakukan oleh Kementerian Perhubungan bersama Polri. Truk-truk yang sebelumnya “dipaksa” mengangkut dua atau satu setengah kali” lebih banyak dari semestinya, tak bisa lagi digunakan.

“Sehingga dibutuhkan unit armada baru. Tetapi, yang paling penting dan dampaknya ke permintaan meluas adalah kondisi ekonomi yang baik. Konsumsi masyarakat yang menumbuhkan sektor distribusi dan logistik, kemudian infrastruktur, pertambangan dan perkebunan. Kalau semuanya positif, tentu permintaan truk naik,” ungkap Jongkie.

Ilustrasi, truk ringan Hino – dok.Motoris

Pernyataan senada diungkapkan Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo. Dia mengatakan, meski saat ini harga komoditas batubara masih belum membaik di pasar internasional, namun bukan berarti taka da kegiatan di sektor tersebut.

“Masih ada kegiatan. Ini tentunya juga masih ada demand truk. Kalau CPO, trennya menuju arah positif. Harga akan membaik di tahun 2020 ini,” kata dia saat dihubungi, Selasa (11/2/2020).

Dua pemain utama ambrol
Sepanjang tahun 2019 kemarin penjualan dua pemain utama di pasar truk yakni Hino dan Fuso merosot. Penjualan truk Hino tercatat hanya 31.000 unit atau ambles dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 40.000 unit. Sedangkan di tahun ini Hino mematok target penjualan menjadi 36.000 unit.

Ambrolnya penjualan juga dibukukan Mitsubishi Fuso yang membukukan penjualan sebanyak 41.736 unit atau ambrol 18% lebih dibanding penjualan tahun 2018 yang sebanyak 51.132 unit. Sedangkan di tahun ini, Mitsubishi Fuso mematok target penualan sebanyak 46.900 unit.

Salah satu varian truk kecil atau LDT milik Mitsubishi Fuso – dok.Motoris

“Target tersebut ditetapkan berdasarkan analisa serta performa pasar selama tahun 2019 dimana total kendaraan niaga yang berhasil dipasarkan adalah sebanyak 94.323 unit atau menurun 19% dibanding tahun sebelumnya yaitu 116.421 unit,” kata Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Atsushi Kurita di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyebut secara teori memang ada korelasi antara larangan ODOL dengan pemicu pembelian truk. Namun, dalam kenyataannya juga belum tentu secara serta merta terjadi. “Karena, membeli truk itu kan investasi. Nah, orang berinvestasi tentu dilihat kondisi di sektor rillnya seperti apa. Begitu juga di sektor makro ekonomi. Artinya, semua tergantung kondisi ekonomi,” ucap dia saat dihubungi, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) MP Tumanggor usai mengikuti rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (10/2/2020) mengatakan saat ini produksi B30 mencapai sekitar 800.000 kiloliter.

Pengumuman dimulainya penjualan BBM B30 di sebuah SPBU di Jalan Maulana Hasanudin, Cipondoh, Tangerang – dok.Motoris

“Target yang ditetapkan target Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) kan produksi itu bisa mencapai 10 juta kiloliter pada tahun ini. Sehingga, minyak sawit (CPO) yang terserap bisa mencapai 9,6 juta kiloliter,” papar dia. (Fer/Mus/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS