Gaikindo Pastikan MG Motor Hadir di GIIAS 2020

Gaikindo Pastikan MG Motor Hadir di GIIAS 2020
SUV MG HS yang diluncurkan di Thailand, kini menjadi tulang punggung penjualan perusahaan patungan SAIC Motor- Charoen Pokphand Group di Thailand - dok.Bangkok Post

Jakarta, Motoris – Merek mobil asal Inggris – yang sejak tahun 2008 dimiliki oleh pabrikan asal Cina, SAIC Motor Corporation Limited – Morris Gerage Motor (MG Motor) dalam beberapa bulan terakhir menjadi topik hangat perbincangan publik Indonesia. Maklum, kabar rencana hadirnya merek itu di jagat otomotif Indonesia berembus begitu kencang sejak menyeruak pertengahan tahun 2019 lalu.

Namun, MG Motor dipastikan hadir di pasar otomotif Indonesia pada tahun ini. Jawaban yang tegas dan lugas diungkapkan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto. Dia memastikan MG Motor telah mendaftar sebagai anggota Gaikindo, dan prosesnya pun telah final karena semua persyaratan telah dipenuhi.

“MG Motor juga telah mendaftarkan diri untuk ikut sebagai salah satu peserta (pameran otomotif) GIIAS 2020 (Gaikindo Indonesia International Auto Show 2020) pada 6 -16 Agustus nanti,” tutur Jongkie saat dihubungi Motoris di Jakarta, Rabu (12/2/2020) malam.

Sementara, kolega Motoris lainnya di Gaikindo yang dihubungi Rabu (12/2/2020) sore menyebut ada kemungkinan MG juga bakal hadir di perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) akan digelar mulai 9-19 April atau beberapa bulan sebelum GIIAS 2020 digelar.

Varian hatchback MG6 yang dijual di Thailand – dok.Nikkei

“Informasinya memang seperti itu. Tetapi untuk pastinya dikonfirmasi ke perusahaan yang bersangkutan. Ini kan seperti Wuling Motors saat masuk (ke Indonesia) dulu, sebagai ajang perkenalan dia ikut di semua pameran (IIMS dan GIIAS), kan memang promosi harus begitu ya,” ungkap dia.

Sinyalemen khadiran MG Motor di IIMS 2020 sempat dungkapkan Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo – Hendra Noor Saleh – selaku penyelenggara hajatan IIMS 2020. Dia mengatakan, setidaknya ada lima merek baru kendaraan bermotor roda dua dan satu merek baru kendaraan bermotor roda empat yang juga akan ikut di gelaran IIMS 2020.

“Seingat saya lebih dari lima brand baru yang akan ikut juga (di IIMS). Tetapi maafkan, saya tidak punya otoritas untuk menyebutkan karena menghormati timeline promosi mereka. (yang jelas) salah satunya merupakan pemain baru dalam industri otomotif nasional,” kata Hendra di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (12/2/2020).

Dugaan bahwa merek tersebut adalah MG Motor pun membuhul. Sebab, hal itu persis seperti kabar yang ramai muncul di media sosial maupun kalangan agen pemegang merek mobil di Tanah Air.

Tampilan belakang MG HS, SUV buatan MG Motor- dok.Bangkok Post

TPT Impor sudah terbit
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan pihaknya telah memfasilitasi MG Motor di Indonesia untuk mengimpor sekitar 50 unit mobil merek MG. Hanya, kapan realisasi kegiatan impor tersebut dilakukan, dirinya mengaku tidak mengetahui secara persis.

“Yang pasti Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dari mobil-mobil yang diajukan untuk diimpor sebagai salah satu persyaratan impor telah ada. Kalau kapannya (impor dilakukan), sebaiknya ditanya langsung ke MG (Motor) secara langsung,” kata Putu kepada Motoris, Rabu (12/2/2020).

MG Gloster mulai dijual di India akhir tahun 2020 – dok.Financial Express

Putu juga mengaku tidak mengetahui secara persis apakah unit-unit itu juga akan digunakan sebagai unit pamer di hajatan IIMS maupun GIIAS 2020. “Kalau soal itu bisa ditanya ke perusahaannya (MG Motor). Karena kami hanya memfasilitasi impor unit (mobil) yang disebutkan untuk pengujian dan keperluan perkenalan kepada masyarakat. Itu saja. Soal kapan-kapannya kami tidak tahu,” imbuh dia. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This