Daihatsu Waspadalah, DFSK Segera Gempur Pasar Minibus

Daihatsu Waspadalah, DFSK Segera Gempur Pasar Minibus
Blind van DFSK - dok.Instagram

Jakarta, Motoris – PT Sokonindo Automobile yang merupakan agen pemegang merek kendaraan bermotor Dongfeng Sokon (DFSK) di Indonesia mulai berancang-ancang memperluas kiprahnya di segmen pasar kendaraan komersial di Tanah Air. Setelah sejak Juli 2017 lalu menggelontorkan pikap Super Cab.

Kabar yang santer terdengar menyebut, DFSK segera menggempur segmen kendaraan komersial jenis minibus atau yang juga disebut sebagai van. Ada dua varian yang dikabarkan bakal digelontorkannya, yakni van untuk angkutan penumpang dan van untuk angkutan barang alias blind van.

“Informasinya, nanti April diluncurkan. Kemungkinan besar sebelum atau pas di pameran IIMS (Indonesia International Motor Show 2020). Minibus ini menyasar perusahaan di bisnis travel dan hotel untuk angkutan wisatawan atau tamu hotel. Yang blind van perusahaan logistik dan distribusi. Kan lagi booming nih bisnis itu karena belanja online lagi ngetren sekarang. Bisa juga insitusi lainnya untuk angkutan dokumen atau lainnya,” ungkap salah seorang kolega di diler DFSK saat berbincang dengan Motoris di Tangerang, Selasa (11/2/2020).

Hanya, dia tak bersedia merinci spesifikasi kendaraan itu. Begitu pun dengan harga jual dari masing-masing varian tersebut.

Kendaraan komersial minibus atau van DFSK – dok.Instagram@feri_dfsk

Sementara itu, Public Relation & Digital Manager Sokonindo (DFSK), Arviane Dahniarny saat dihubungi Motoris, Rabu (12/2/2020) mengatakan, pada tahun ini pihaknya memang berencana meningkatkan kiprah di segmen kendaraan komersial. DFSK, lanjut dia, bakal meluncurkan kendaraan komersial anyar.

Wanita yang akrab disapa Ane ini memastikan model anyar itu bukan versi baru atau varian lain dari pikap Super Cab. “Untuk Super Cab belum ada rencana (versi anyar atau versi penyegaran yang akan diluncurkan tahun 2020 ini). Tapi, kita berencana memberikan varian lain untuk segmen komersial DFSK. Tetapi untuk detail-nya (model apa dan spesifikasi berikut harga) kami belum bisa informasikan sekarang,” tutur Ane.

Jika ini benar terealisasi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang menjajakan varian-varian serupa dengan label Gran Max, atau PT Suzuki Indomobil Sales dengan Suzuki APV-nya patut waspada. Pasalnya, DFSK patut diduga juga bakal memainkan price strategy yakni dengan harga yang lebih terjangkau dibanding pesaing bisa membuat mereka keteteran.

Harus diakui, kuaitas ketahanan maupun gaya desaing plus fitur kendaraan DFSK selama ini juga tak kalah dengan produk buatan mereka. Terlebih, DFSK Indonesia juga semakin ekspansif dengan rajin memperluas jaringan dilernya.

Pikap DFSK Super cab, kendaraan komersial yang dirakit Sokon Automible di Serang, Banten – dok.Motoris

Sekadar catatan, kendaraan pikap DFSK Super Cab yang dipasarkan sejak 2017 hingga akhir tahun 2019 kemarin telah terjual 3.417 unit. Sepanjang tahun 2019 saja, pikap ini disebut terjual 2.042 unit atau naik 67% dibanding penjualan tahun sebelumnya.

“Hal ini juga tidak terlepas dari DNA DFSK Super Cab yang memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia dan menjadi blueprint pabrik DFSK di Cikande,” kata Ane Adalam keterangan resmi, Senin (3/2/2020) lalu. (Mus/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS