Penjualan Mobil Sepanjang Januari Kempis Tipis

Penjualan Mobil Sepanjang Januari Kempis Tipis
Ilustrasi, LCGC Toyota Agya,- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari atau bulan pertama tahun 2020 total penjualan mobil ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 79.983 unit atau kempis 2,44% dibanding bulan yang sama tahun 2019 yang mencapai 82.155 unit. Masih lesunya pasar plus bencana banjir yang merendam kawasan Jabodetabek dan sekitarnya di awal tahun itum disebut telah menekan angka penjualan.

“Iya, turun sekitar 2,4 – 2,5%. Penjualan di awal tahun biasanya memang menurun. Itu biasanya ya, seperti siklus. Tetapi, memang bukan berarti semua merek turun ya. Kalau kita lihat ada beberapa brand yang naik, dan ada yang turun. Apalagi, di awal tahun kan juga ada bencana banjir. Ini juga ikut berpengaruh,” ujar Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Data yang dirilis PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukan, penjualan merek ini sepanjang bulan Januari lalu, mencapai 12.603 unit. Jumlah itu meningkat 3% dibanding Januari 2019 yang sebanyak 12.190 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, tak menampik bencana banjir yang terjadi di awal bulan tersebut mengganggu kegiatan bisnis di sejumlah diler. “Meski demikian, kontribusi dari area lainnya, terutama di luar pulau Jawa mendukung pencapaian pertumbuhan pada awal tahun ini,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (14/2/2020).

Ilustrasi, Honda Brio Satya modifikasi yang menjadi IMX Super Giveaway – dok.Motoris

Sementara, PT Astra Diahtsu Motor (ADM) dalam keterangan resmi, Jumat (14/2/2020) juga menyatakan tren penjualannya di bulan itu berada di jalur positif.

Daihatsu menyatakan penjualan ke konsumen (ritel) di bulan pertama itu sebanyak 14.582 unit sehingga merebut pangsa pasar sebesar 18% dari total penjualan seluruh merek yang sebanyak 81.013 unit. Sementara, penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 14.173 unit atau 17,7% dari total wholesales seluruh merek yang mencapai 79.983 unit.

Tetapi, jika diteliti, dan mencermati data yang dikompilasi Gaikindo, ternyata penjualan Daihatsu itu juga ambles tipis. Pasalnya, penjualan (wholesales) Daihatsu pada Januari 2019 mencapai angka 14.769 unit.

”Kami bersyukur, Daihatsu mengawali 2020 dengan capaian penjualan cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus korona, Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purnajual bagi seluruh Sahabat Daihatsu,” ujar Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra.

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Sementara, penguasa pasar mobil di Tanah Air – Toyota yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor – penjualannya tercatat menciut. Penjualan ritel Toyota turun dari 25.405 unit di Januari 2019 menjadi 24.119 unit pada tahun ini atau terjadi penyusutan sekitar 3,7%. Sedangkan penjualan woholesales turun dari 25.090 unit pada Januari tahun lalu menjadi 24.151 unit di Januari tahun ini. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This