Buka 2020, Toyota Masih Juara dan Mitsubishi Tergeser

Buka 2020, Toyota Masih Juara dan Mitsubishi Tergeser
Toyota Avanza - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Membuka lembaran tahun baru 2020 penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia susut tipis 2,44% yakni dari 81.988 unit pada Januari 2019 menjadi 79.983 unit di Januari tahun ini. Sementara, meski secara total susut sekitar 3% lebih, namun penjualan mobil Toyota masih berada di urutan pertama.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, pada bulan pertama itu, mobil Toyota dijual ke diler (wholesales) oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) sebanyak penjualan 24.151 unit. Jumlah ini menciut dibanding penjualan pada Januari 2019 yang sebanyak 25.090 unit.

“Iya, penjualan Toyota secara wholesales (ke diler) turun sekitar 3% lebih dibanding (Januari) tahun lalu. Tetapi, ini distribusi yang dipengaruhi beberapa faktor, antara lain kondisi stok di diler yang masih cukup karena ada banjir ( di Jabodetabek dan sekitarnya) yang mempengaruhi kegiatan bisnis di diler dan faktor seasonal (siklus musiman) karena pembelian biasanya dilakukan (konsumen) pada Desember (tahun sebelumnya). Tetapi, market sahre kami masih di atas 25%,” tutur Marketing Director PT TAM saat dihubungi Motoris, Selasa (18/2/2020).

Berada di urutan kedua dalam daftar penjualan di bulan tersebut, terdapat Daihatsu yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor, dengan volume 14.173 unit. Jumlah ini juga susut dibanding jumlah penjualan Januari tahun lalu yang masih sebanyak 14.769 unit.

Ilustrasi, Honda Brio RS yang kini menjadi “penguasa” pasar City Car di Indonesia – dok.Motoris

Sedangkan pada posisi ketiga, terdapat Honda. Penjualan mobil Honda ke diler yang dibukukan PT Honda Prospect Motor (HPM) selama Januari itu tercatat mencapai 12.777 unit. Jumlah ini naik lumayan dibanding penjualan Januari 2019 yang sebanyak 10.064 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, tak menampik bencana banjir yang terjadi di awal bulan tersebut mengganggu kegiatan bisnis di sejumlah diler. “Meski demikian, kontribusi dari area lainnya, terutama di luar pulau Jawa mendukung pencapaian pertumbuhan pada awal tahun ini,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (14/2/2020).

Cemerlangnya penjualan Honda itu sekaligus menggeser penjualan Mitsubishi jika kita pada penjualan Januari 2019 lalu. Seperti diungkap data yang dikompilasi Gaikindo, pada bulan pertama 2019 itu, Mitsubishi masih berada di urutan kedua di daftar penjualan dengan volume 16.383 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander. – dok.Motoris

Bahkan dia mengungguli Daihatsu. Ini bisa dilihat di data penjualan, yang selengkapnya sperti berikut: Toyota 25.092 unit, Mitsubishi 16.383 unit, Daihatsu 14.769 unit, Honda 10.064 unit, Suzuki 8.271 unit. Daftar tersebut merupakan daftar lima besar penjualan merek mobil di Tanah Air.

Namun, di Januari tahun ini, Mitsubishi berada di urutan keempat. Total wholesales merek ini di bulan tersebut hanya 12.295 unit, merosot tajam dibanding penjualan ke diler pada Januari 2019 yang sebanyak 16.383 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This