Tahun Lalu, Hanya 382.913 Motor Terjual di Jepang

Tahun Lalu, Hanya 382.913 Motor Terjual di Jepang
Ilusrasi sepeda motor produksi mereka asal Jepang, Kawasaki Ninja 250 Empat Silinder atau ZX-25R yang diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019 - dok.Motoris

Tokyo, Motoris – Hingga saat ini Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki industri sepeda motor terbesar di dunia, bukan hanya dalam hal sebaran pasar bagi produk-nya, tetapi  juga dalam hal volume penjualannya.  Sepanjang tahun lalu di dalam negeri Jepang, penjualan “kuda besi” itu menyusut dan volumenya di bawah 400.000 unit.

Laporan Motorcycles Data yang dikutip laman Visordown beberapa waktu lalu, penjualan sepeda motor di Negeri Matahari Terbit itu, sepanjang tahun 2019 kemarin hanya 382.913 unit. Jumlah itu bahkan menciut 1,7% dibanding penjualan selama tahun sebelumnya.

“Penurunan penjualan disebabkan oleh keputusan pemerintah yang menaikkan pajak penjualan dari 8% menjadi 10%. Sementara Topan Hagibis yang melanda Jepang pada Oktober (2019) juga menyebabkan guncangan di proses produksi,” tulis laporan Motorcyles Data.

Honda tercatat menjadi “penguasa” pasar di kampung halamannya itu. Merek ini membukukan penjualan sebanyak 174.679 unit atau merebut 45,6% pangsa pasar. Meski penjualan sebanyak ini ambles 1,5% dibanding penjualan tahun 2018.

Ilustrasi pengendara sepeda motor – dok.HiConsumption

Tetapi, data menunjukan, penurunan juga dialami oleh merek lain. Penjualan Yamaha misalnya, menciut 3,6%, Suzuki 3,3%, dan Kawasaki 1,1%.

Pemain non Jepang di pasar kendaraan bermotor roda dua di negara itu, yakni Harley Davidson hanya mampu mencuil 1,6% pangsa pasar. Dan merek ini menjadi pemain terbesar di antara merek non Jepang.

Pasar ASEAN
Masih menurut Motorcycles Data, sepanjang tahun 2019 itu total penjualan sepeda motor di kawasan regional Asia Tenggara yang terserap oleh negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tercatat sebanyak 13,75 juta unit. Jumlah ini naik 5,3% dibanding penjualan sepanjang tahun 2018.

Jumlah penjualan di ASEAN ini setara dengan 22,4% total penjualan motor di seluruh dunia. Jika data itu dicermati, penjualan didominasi oleh merek-merek asal Jepang.

Ilustrasi, varian motor besutan Honda – dok.Motoris

Honda masih tercatat sebagai merek dengan penjualan terbanyak di kawasan ini dengan total jumlah 9,4 juta unit. Berada di belakangnya – dengan selisih jumlah yang sangat jauh – terdapat Yamaha dengan total penjualan 3 juta unit. Kemudian Suzuki yang terjual 483.000 unit, dan Kawasaki yang laku sebanyak 320.000 unit.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This