Segera Jualan di RI, MG Motor Makin Agresif di Thailand

Segera Jualan di RI, MG Motor Makin Agresif di Thailand
Peluncuran SUV terbaru MG Motor di Thailand - dok.Bangkok Post

Bangkok, Motoris – Merek asal Inggris Morris Gerage – yang telah dibeli pabrikan asal Cina SAIC Motor Corporation Ltd – yang segera masuk dan berjualan di Indonesia, ternyata agresif menggempur pasar mobil di Thailand. Tahun ini, merek itu bakal menambah sedikitnya 25 diler lagi.

Informasi ini diungkapkan SAIC Motor-CP Co Ltd dan MG Sales Co Ltd Vice President, Pongsak Lertruedeewattanavong, Jumat (27/2/2020). Dia mengklaim tren penjualan seiring dengan brand awreness VM di masyarakat juga terus meningkat.

Seperti dilansir The Nation, Jumat (27/2/2020) dia memastikan jumlah diler bakal mencapai 150 unit pada tahun ini. “(Saat ini) MG memiliki 125 distributor dan pusat layanan nasional. Dan kami bertekad untuk memperluas jaringan. MG yakin setidaknya 25 diler baru dan pusat layanan akan beroperasi pada akhir tahun 2020, dan itu akan meningkatkan jumlah di seluruh negara menjadi 150. Ini memastikan kemampuan kami untuk melayani pemilik MG saat ini dan pelanggan potensial,” papar dia.

Ilustrasi. gambar contoh standar bangunan diler MG di Thailand – dok.The Nation (telah diedi)

Seperti dilaporkan Bangkok Post, akhir Desember 2019 lalu, Pongsak mengklaim penjualan MG sepanjang Januari – Agustus 2019, sebanyak 16.747 unit. Jumlah itu diklaim meningkat 6,1% dibanding periode yang sama tahun 2018 yang sebanyak 23.740 unit.

Di Negeri Gajah Putih itu, MG Motor berkongsi dengan konglomerat setempat yakni Charoen Pokphand Group. Keduanya mendirikan perusahaan SAIC Motor-CP.

Perusahaan tersebut mengoperasikan pabrik baru berkapasitas 100.000 unit per tahun di Provinsi Chonburi sekaligus semakin genar menjajakan produknya sejak awal  tahun 2018. Investasi  yang digelontorkan saat itu mencapai US$ 310 juta, dan kini telah memproduksi sejumlah model, antara lain MG3 hatchback, MG5, MG6, dan SUV MG GS.

Sejak beroperasi itulah, pabrikan ini langsung tancap gas membangun jaringan penjualan dan layanan purna jual, sejalan dengan terus bertambahnya varian produk. “MG telah (mulai aktif) di Thailand sejak enam tahun (mulai dari persiapan). Di luar produk, purna jual sama pentingnya bagi kami,” ujar Pongsak.

Ilustrasi MG Motor di hajatan Bangkok International Motor Show ke-35 – dok.MG Motor UK

Sedangkan di Indonesia, perwakilan MG baru akan membuka suaranya ihwal rencana kehadiran merek di Tanah Air, pada Kamis (5 Maret) lusa. Hal ini diketahui dari undangan yang masuk ke meja redaksi Motoris pekan lalu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This