Terancam Mangkrak, Pabrik Honda Filipina Cari Juragan Baru

Terancam Mangkrak, Pabrik Honda Filipina Cari Juragan Baru
Kegiatan produksi di pabrik Honda Filipina di Santa Rosa - dok.Nikkei Asian Review

Manila, Motoris – Honda Cars Philippines Inc (HCPI) akan menutup secara penuh pabriknya yang berada di Santa Rosa, Provinsi Laguna, pada 25 Maret nanti. HCPI kini tengah berupaya mencari calon pembeli pabrik yang selama ini memproduksi Low SUV Honda BR-V dan sedan Honda City itu, agar tak mangkrak.

Seperti dilaporkan laman Autoindustriya, Rabu (4/3/2020), Menteri Perdagangan dan Industri Filipina, Ramon Lopez menyebut ada beberapa perusahaan yang telah menunjukkan minat membeli pabrk tersebut. Hanya, dia tak bersedia menyebut jatidiri perusahaan itu.

Yang pasti, lanjut dia, perusahaan calon pembeli tak harus perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Namun, mereka telah beroperasi selama bertahun-tahun di Negeri Pisang itu.

“Itu poin kami. Meski sebuah perusahaan pergi (tutup), maka beberapa lainnya akan berkembang. Mereka ingin mencari di sini, (untuk) perluasan operasi mereka,” ujar dia.

Sementara Manila Business Mirror menyebut, pabrik yang sebelumnya mempekerjakan 387 karyawan itu terancam mangkrak jika tak segera mendapatkan juragan baru. Pasalnya, saat ini industri manufaktur dari berbagai belahan dunia tengah berada di kondisi menunggu perkembangan yang akan terjadi setelah merebaknya virus corona.

Honda BR-V buatan pabrik Honda di Santa Rosa, Laguna, Filipina – dok.CarGuidePH

“Ekonomi dunia tengah merasakan “demam”, karena paparan virus corona yang menjalar ke berbagai penjuru. Industri otomotif merasakan dampak itu. Untuk melakukan ekspansi tentu akan berhitung cermat terlebih dahulu,” tutur analis Max Group, Rafael Estrada, Rabu (4/3/2020).

Seperti diketahui, Honda memutuskan menutup pabrik itu dengan alasan untuk optimalisasi operasi dalam meraup keuntungan. Maklum, penjualan mobil Honda di Filipina dalam beberapa tahun terakhir berada di tren ambrol.

“Setelah mempertimbangkan upaya optimalisasi dalam operasi produksi di wilayah Asia dan Oseania, Honda memutuskan untuk menutup operasi manufaktur HCPI,” demikian bunyi keterangan resmi HCPI, seperti dikutip Autoindustriya, Jumat (21/2/2020) lalu.

Data dari Chamber of Automotive Manufacturers of the Philippines, Inc. (CAMPI), Truck Manufacturers Association (TMA), dan Association of Vehicle Importers and Distributors (AVID), belum lama ini, terlihat penjualan Honda memang terus berada di tren merosot.

Sedan Honda City yang diproduksi di pabrik Honda, Santa Rosa, Laguna, Filipina – dok.Autoindustriya

Sepanjang tahun 2019 lalu misalnya, penjualan merek ini hanya 20.338 unit, berkurang 2.956 unit atau longsor 12,69% dibanding penjualan selama tahun 2018. Pada tahun 2018, mobil – mobil Honda yang dijajakan HCPI masih laku sebanyak 23.294 unit.

Lagi-lagi, penjualan selama tahun 2018 itu juga sudah ambrol 26,65% dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 31.758 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS