Tahun Lalu 60,1 Juta Motor Terjual, India Pasar Terbesar

Tahun Lalu 60,1 Juta Motor Terjual, India Pasar Terbesar
Ilustrasi, pengguna sepeda motor di India - dok.Deccan Herald

Brussels, Motoris – Penjualan sepeda motor di seluruh dunia sepanjang tahun 2019 lalu tercatat mencapai 60,1 juta unit atau lebih sedikit 1,6 juta unit dibanding penjualan sepanjang tahun 2018. Tren penurunan tersebut diperkirakan masih terus berlanjut pada tahun 2020 ini, akibat wabah virus corona.

Mengutip berbagai sumber data, termasuk dari International Motorcycle Manufacturers Association (IMMA), laporan Motorcycles Data yang dikutip laman Moto.it dan Rideapart, belum lama ini maelaporkan penyusutan penjualan sepeda motor terbanyak terjadi di India. Di Negeri Sari – yang merupakan pasar sepeda motor terbesar sejagat itu – penjualan motor pada tahun 2019 tercatat sebanyak 18,5 juta unit, atau berkurang 3,1 juta unit dibanding tahun 2018.

“Penurunan yang terjadi terutama dibukukan oleh merek-merek lokal. (Merek) Hero penjualannya susut 14%, Bajaj tergelincir 12%, dan Royal Enfield anjlok 16%. Sehingga, secara keseluruhan, penjualan di pasar India menyusut 19%,” tulis laman itu.

Ilustrasi, pesepada motor di sebuah jalanan di Cina – dok.MSN.com

Meski turun sebesar itu, namun penjualan di India tercatat masih yang terbanyak di dunia. Bahkan, masih mengukuhkan negara itu di tempat teratas dalam daftar pasar terbesar kendaraan bermotor roda dua.

Berada di urutan berikutnya, Cina. Negeri Panda ini mencatatkan penjualan sepeda motor sebanyak 16,3 juta unit. Jumlah ini naik 1,3 juta unit dibanding jumlah penjualan yang dibukukan sepanjang tahun 2018.

Indonesia berada di urutan ketiga dengan total penjualan sebanyak 6,4 juta unit lebih atau mendekati 6,5 juta unit. Kemudian Vietnam di urutan berikutnya dengan penjualan 3,2 juta unit, dan Filipina yang melego sebanyak 1,8 juta unit.

Sementara Amerika Serikat berada di urutan ke-11, dan Jepang sebagai negara asal sejumlah merek motor sohor dunia malah berada di urutan ke-15.

Ilustrasi, pesepeda motor dan pembonceng di Indonesia  – dok.Motoris

Adapun Prancis yang merupakan pasar teresar di Eropa, bercokol di urutan ke-17. Penjualan di Negeri Anggur ini, bahkan mendongkrak penjualan di seluruh wilayah Eropa yang tahun itu jumlahnya bertambah 1,1 juta unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS