Ini Pameran Otomotif Dunia yang Ditunda Gegara Corona

Ini Pameran Otomotif Dunia yang Ditunda Gegara Corona
Beijing Motor Show - dok.3D Car Shows

Jakarta, Motoris – Wabah virus COVID-19 alias corona telah berdampak ke industri otomotif, termasuk penyelenggaraan pameran. Pelaksanaan hajatan itu banyak yang ditunda atau bahkan dibatalkan demi mengantisipasi dampak virus yang mematikan itu.

Pameran otomotif pertama yang dinyatakan batal pelaksanaanya adalah Beijing Motor Show (BMS) 2020. Hajatan dua tahunan itu semestinya digelar pada 21-30 April 2020, namun dinyatakan ditunda hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Pembatalan sudah disampaikan oleh Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA) di situs resminya. China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT AUTO) selaku pihak penyelenggara pameran hingga kini belum menentukan tanggal pengganti.

Kedua, gelaran Geneva Motor Show 2020, yang sedianya digelar 5 – 15 Maret juga terpaksa dibatalkan. “Dengan sangat menyesal kami mengumumkan pameran otomotif Geneva Motor Show 2020 dibatalkan. Ini force majeure. Pameran akan dibatalkan secara langsung dan tidak ditunda,” kata juru bicara venue pameran di Palexpo, Jenewa, Swiss, itu seperti dilansir laman Paultan, belum lama ini.

Geneva Motor Show – dok.Wikipedia

Sementara, Autoshow Malaysia 2020 yang dijadwal berlangsung pada 9 – 12 April di Taman Agro Eksposisi Malaysia Serdang (MAEPS) juga tak jadi digelar. Alasannya pun sama, gegara corona.

Kabar terakhir menyebut New York Motor Show juga terpaksa ditunda hingga Agustus 2020. Seperti dilansir Reuters, Kamis (12/3/2020), acara yang sebelumnya dijadwalkan April 2020 itu pelaksanaanya diundur pada 28 Agustus – 6 September 2020.

Itu pun dengan catatan, jika penyebaran virus Corona di dunia – khususnya di New York- sudah mereda dan tidak seperti sekarang ini. “Kami mengambil langkah luar biasa untuk melindungi pengunjung, peserta pameran, dan semuanya dari virus korona,” kata Presiden Asosiasi Diler Otomotif New York yang sekaligus penyelenggara New York Auto Show, Mark Schienberg.

New York Auto Show – dok.Bloomberg

Sementara di Indonesia, bulan depan ada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang berlangsung pada 9-19 April 2020 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sampai saat ini, pameran otomotif tahunan itu dinyatakan masih sesuai jadwal. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This