Pasar Turun Tipis, Penjualan Toyota Masih Klimis

Pasar Turun Tipis, Penjualan Toyota Masih Klimis
Toyota Avanza - dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – Penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia sepanjang dua bulan pertama (Januari hingga Februari) tercatat masih loyo karena menyusut 2,4% dibanding periode sama tahun lalu. Di tengah kondisi ini, Toyota Indonesia masih membukukan penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 49.172 unit.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menyebut penjualan sebanyak itu naik tipis 1,3% dibanding dua bulan pertama tahun 2019 lalu. Bahkan, di bulan Febrauri saja, penjualan ke diler naik 6,9% dibanding bulan yang sama tahun lalu, menjadi 25.053 unit.

“Kami bersyukur atas pencapaian Toyota di tahun 2020 ini. Kami selalu berupaya untuk menghadirkan ever better melalui produk – produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (19/3/2020).

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy menambahkan, kontributor penjualan Toyota di dua bulan pertama itu masih dari model-model MPV. Penjualan serangkaian model MPV Toyota pada periode tersebut tercatat sebanyak 31.546 unit.

Ilustrasi, Toyota All New Rush – dok.Motoris

Jumlah ini naik 7,4% dibanding rentang waktu sama pada tahun lalu yang masih sebanyak 29.368 unit. “Peningkatan ini kian memperkuat posisi Toyota di segmen ini (MPV) dengan pangsa pasar mencapai 50,6%, atau naik dibanding periode yang sama sebelumnya yang sebesar 45,3%,” tutur Anton.

Toyota Avanza masih menjadi penyumbang penjualan teresar di segmen MPV maupun penjualan Toyota secara keseluruhan. Low MPV berjuluk “Mobil Sejuta Umat” ini di dua bulan pertama mencatatkan penjualan sebanyak 13.682 unit.

Jumlah itu menanjak 21,5% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang sebanyak 11.263 unit. Dengan penjualan sebanyak ini, pangsa pasar yang direbut Avanza juga naik dari 29,6% (pada Januari – Februari 2019) menjadi 38% di Januari – Februari tahun ini.

LCGC Toyota Agya saat dipakai pembalap TTI untuk berlaga di ajang balap – dok.Istimewa

Calya dan Innova
Dua MPV Toyota yang juga membukukan kinerja positif adalah MPV entry level alias MPV LCGC Toyota Calya dan MPV medium Toyota Innova. Sepanjang dua bulan pertama itu, Calya berhasil mengoleksi angka penjualan 8.224 unit atau naik 10,3% dibanding periode sama pada tahun 2019 yang sebanyak 7.457 unit.

“Capaian ini juga kian memperkuat pangsa pasar Calya dari 46,7% di periode Januari – Februari 2019 menjadi 50,0% di tahun 2020,” klaim Anton.

Sedangkan Toyota Kijang Innova di bulan Februari saja membukukan penjualan sebanyak 4.593 unit. Jumlah ini disebut naik 7,8% dibanding bulan yang sama pada tahun 2019.

Toyota All New Kijang Innova, – dok.Motoris

Saat itu, penjualan MPV ini masih seanyak 4.260 unit. Dengan penjualan di Februari tahun ini yang sebanyak itu, Toyota Kijang Innova mencengkeram pangsa pasar sebesar 98,2% di segmennya.

Sekadar catatan, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Januari hingga Februari catatan penjualan mobil di Tanah Air masih muram. Di rentang dua bulan pertama itu, penjualan mobil tercatat sebanyak 159.997 unit atau mengkerut 2,4% dibanding rentang waktu yang sama tahun 2019. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This