Nissan Kembali Tegaskan Penyetopan Produksi Datsun di RI

Nissan Kembali Tegaskan Penyetopan Produksi Datsun di RI
Ilustrasi, Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Nissan Motor Company (Nissan) kembali menegaskan pernyataannya untuk menghentikan produksi di Indonesia, yakni di pabriknya yang berada di Karawang, Jawa Barat. Langkah itu disebut sebagai konsolidasi produksi global untuk mengakhiri merosotnya keuntungan akibat penurunan penjualan.

Pernyataan tersebut diungkapkan salah seorang pejabat Nissan di Jepang, seperti dilaporkan Reuters dan Japan Times, Rabu (18/3/2020). “Keputusan untuk menghentikan produksi di pabrik (Niisan di Indonesia yang berada di) Jawa Barat, yang selama ini membuat mobil kompak Datsun, merupakan bagian dari rencana untuk mengoptimalkan kembali produksi dan mengatur ulang operasi bisnis,” bunyi pernyataan pabrikan mobil terbesar kedua di Jepang itu.

Sebelumnya, Nissan dalam pernyataan resmi menyatakan sepanjang Januari lalu mencatakan penurunan penjualan hingga dua digit . Dalam pernyataan yang dirilis Sabtu (7/3/2020) itu dikatakan, penjualan global sepanjang bulan prtama tahun ini hanya 368.336 unit.

Jumlah tersebut mentusut 13,3% dibanding bulan yang sama tahun 2019. Namun, tak hanya penjualan saja yang mengkerut, tetapi juga produksi. Pada bulan itu, jumlah kendaraan yang dipoduksi Nissan hanya 362.891 unit, jumlah ini ambles 18,7% dibanding produksi di bulan sama tahun 2019.

Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version – dok.Motoris

Sedangkn khusus penjualan Datsun (yang terdiri dari Datsu GO dan GO) sejak tahun 2015 penjualannya di Indonesia memang terus merosot. Namun, dalam catatan data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) diketahui, Datsun masih membukukan penjualan di Januari 2020.

Masih ada penjualan di Januari
Tercatat, di bulan pertama itu sebanyak 226 unit mobil Datsun terjual ke diler (wholesales). Pada bulan yang sama, penjualan ke konsumen secara langsung (ritel) tercatat sebanyak 295 unit.

Sementara, rekam jejak penjualannya menunjukan, sejak dijual pertama kali di Indonesia, kinerjanya terus menurun. Tercatat, sepanjang tahun 2015 penjualan Datsun masih 29.358 unit, tahun berikutnya turun menjadi 26.043 unit.

Penurunan kembali terjadi di tahun 2017, sehingga menjadi 10.484 unit. Kemudian di 2018 kembali menciut dengan total penjualan 9.045 unit. Jumlah ini terdiri dari penjualan Datsun GO sebanyak 4.782 unit, dan GO+ 3.263 unit.

Ilustrasi, ragam varian Datsun yang dipasarkan Datsun Indonesia – dok.Istimewa

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta, pada pengujung November 2019 lalu menyebut, Datsun memang akan menghentikan produksinya di Indonesia. Hal itu terkait dengan kinerja penjualan.

“Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 nanti. Itu karena penjualan yang di bawah skala ekonomi,” ujar dia. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This