Penjualan Mobil Hybrid Toyota Indonesia Melonjak 244,8%

Penjualan Mobil Hybrid Toyota Indonesia Melonjak 244,8%
Toyota All New C-HR hybrid adalah salah satu kendaraan terelektrifikasi Toyota yang sudah dipasarkan di Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Mobil terelektrifikasi baik yang berteknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) maupun Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) di Indonesia telah banyak dijajakan oleh Agen Pemegang Merek (APM) mobil. Permintaan mobil ramah lingkungan itu, disebut juga berada di tren kenaikan dari tahun ke tahun.

Penjualan mobil terlektrifikasi Toyota misalnya, secara kumulatif dari tahun 2009 atau sejak pertama dijual di Tanah Air hingga Febrauri 2020, diklaim telah mencapai 2.625 unit. Bahkan, di dua bulan pertama tahun ini yaitu kumulatif Januari hingga Februari, penjualannya melonjak hingga 244,8% dibanding rentang waktu yang sama tahun 2019.

“Kalau pada Januari – Februari 2019 lalu masih sebanyak 29 unit, pada tahun ini di dua bulan itu (Januari hingga Februari) kumulatif mencapai 100 unit,” tutur Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy yang dihubungi Motoris, di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Ilustrasi, PT Toyota Astra Motor gencar melakukan edukasi kepada masyarakat soal mobil hybrid. Di hajatan GIIAS 2019, Toyota menyuguhkan sedan Prius hybrid yang dibelah sebagai sarana edukasi – dok.Motoris

Dari total penjualan tersebut, lanjut Anton, Toyota Camry hybrid (HEV) tercatat paling banyak yakni 39 unit. Jumlah ini naik 105,3% dibanding jumlah penjualan Januari – Februari 2019.

Sedangkan penyumbang angka penjualan terbanyak kedua adalah Toyota C-HR hybrid. Mobil ini laku sebanyak 21 unit, dan lainnya model-model lainnya seperti Toyota Corolla Altis hybrid, Toyota Alphard hybrid, dan sebagainya.

“Kenaikan penjualan ini menjadi bukti bahwa kendaraan elektrifikasi telah diminati. Karena memang terbukti banyak benefit yang diperoleh, dengan teknologi yang dimiliki. Terutama dalam penghematan konsumsi bahan bakar dan tentunya juga emisi gas buang. Kami berharap kedepannya semakin banyak lagi masyarakat memahami kegunaan dan keunggulan kendaraan elektrifikasi itu,” papar Anton.

Toyota Corolla Altis hybrid yang dipasarkan Toyota di Indonesia – dok.Motoris

Penggelontoran mobil berteknologi itu ke pasar otomotif nasional, juga terus dilakukan Toyota di Indonesia. Pada Selasa (17/3/2020) lalu misalnya, TAM meluncurkan Toyota Prius PHEV. Mobil ini dibanderol Rp 884 juta on the road DKI Jakarta. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This