Suzuki Bangun Pabrik di Myanmar, Bagaimana Ekspor Ertiga RI ?

Suzuki Bangun Pabrik di Myanmar, Bagaimana Ekspor Ertiga RI ?
Pabrik perakitan mobil Suzuki yang selama ini telah ada di Myanmar - dok.Myanmar Times

Tokyo, Motoris – Di tengah maraknya penutupan pabrik milik pabrikan kondang dunia di berbagai penjuru tempat, kabar baik datang dari Suzuki Motor Company, Senin (23/3/2020) kemarin. Bersama anak perusahaannya di Myanmar – Suzuki Thilawa Motor – pabrikan berlambang huruf “S” ini mendirikan pabrik baru dengan kapasitas produksi yang berlipat.

Seperti dilaporkan Nikkei Asian Review dan Myanmar Times, Selasa (24/3/2020), dalam pernyataan resminya, Senin (23/3/2020) Suzuki menegaskan pada September 2021 mendatang pabrik yang dibangun di kawasan ekonomi khusus di Yangon (ibu kota Myanmar) itu sudah harus beroperasi.

“Kehadiran pabrik ini diharapkan melipatgandakan line produksi hingga 10 kali lipat dari line perakitan (produksi) yang ada saat ini. Peningkatan kapasitas produksi hingga menjadi 40.000 unit per tahun (dari sebelumnya 10.000 unit) itu sejalan dengan kondisi pasar yang diharapkan terus bertumbuh,” bunyi pernyataan pabrikan.

Pabrik yang bakal membuat kendaraan bermotor roda empat Suzuki itu dibangun dengan investasi senilai 12 miliar yen. Di pabrik ini akan diproduksi beberapa model antara lain Suzuki Swift dan MPV Suzuki Ertiga.

Ilustrasi, peluncuran Suzuki Swift di Myanmar – dok.Nikkei

Data yang dihimpun Asosiasi Industri Otomotif Myanmar menunjukan sepanjang tahun 2019 lalu, produksi Suzuki mencapai 13.300 unit, atau meningkat 125% dibanding jumlah produksi tahun sebelumnya. Sedangkan penjualan yang dibukukan merek ini pada tahun itu sebanyak 13.206 unit atau naik 128% dibanding tahun sebelumnya.

“Sepanjang tahun 2019, Suzuki menggenggam pangsa pasar 60,3% di pasar kendaraan penumpang Myanmar,” bunyi keterangan asosiasi tersebut.

Namun, yang menjadi tanda tanya bagi Indonesia adalah, bagaimana dengan nasib espor Suzuki Ertiga ke negara itu? Sebelumnya, Senin (4/3/2019) lalu kepada awak media, Department Head of Export PT Suzuki Indomobil Motor, Hady Surjono Halim, mengatakan pihaknya tengah memperluas negara tujuan ekspor. Sepeda motor maupun mobil.

Korea Selatan dan Bangladesh, kata Hady, menjadi negara tujuan ekspor baru untuk produk sepeda motor Suzuki. Sedangkan Myanmar akan menjadi negara baru tujuan ekspor Suzuki All New Ertiga.

Ilustrasi, Suzuki All New Ertiga – dok.PT SIS

“Tahun 2019 akan ada penambahan pasar untuk sepeda motor ke Korea dan Bangladesh. Ertiga merambah ke Myanmar,” kata dia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This