Suzuki Myanmar Bangun Pabrik, PT SIS Optimis Ekspor Masih Terbuka

Suzuki Myanmar Bangun Pabrik, PT SIS Optimis Ekspor Masih Terbuka
Peluncuran Suzuki Ertiga di Myanmar - dok.Myanmar Times

Jakarta, Motoris – Meski Suzuki Motor Company bersama anak perusahaannya di Myanmar – yakni Suzuki Thilawa Motor – membangun pabrik baru yang juga akan memproduksi Suzuki Ertiga, namun Suzuki Indonesia tetap optimis, ekspor produk ke negara itu masih akan terjadi. Meski, produk yang diekspor bisa berwujud bukan produk utuh atau bahkan jenis lainnya.

Pernyataan tersebut diungkapkan 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Dony Saputra saat dihubungi Motoris melalui aplikasi pesan elektronik, di Jakarta, Selasa (24/3/2020). “Walaupun kami tidak ekspor (dalam wujud produk) utuh nantinya, (masih) terbuka peluang untuk ekspor parts (komponen) pendukung produksi,” kata dia.

Menurut Dony, ada keunggulan kompetitif yang dimiliki Indonesia bagi produk – baik mobil maupun komponen – yang dihasilkan. Salah satunya, kandungan lokal yang tinggi pada produk Suzuki Indonesia.

“(Selain itu) dengan letak geografis (yang berada di tengah) serta (salah satu isi skema perjanjian kerjasama perdagangan bebas) AFTA (ASEAN Free Trade Area yang salah satu isi perjanjian ini memberikan insentif bebas bea masuk hingga 0%) bisa mendukung ekspor kami untuk parts (komponen),” kata dia.

Pabrik perakitan mobil Suzuki yang selama ini telah ada di Myanmar – dok.Myanmar Times

Sebelumnya, seperti dilaporkan Nikkei Asian Review dan Myanmar Times, Selasa (24/3/2020), dalam pernyataan resminya, Senin (23/3/2020) Suzuki menegaskan pada September 2021 mendatang pabrik yang dibangun di kawasan ekonomi khusus di Yangon (ibu kota Myanmar) itu sudah harus beroperasi.

“Kehadiran pabrik ini diharapkan melipatgandakan line produksi hingga 10 kali lipat dari line perakitan (produksi) yang ada saat ini. Peningkatan kapasitas produksi hingga menjadi 40.000 unit per tahun (dari sebelumnya 10.000 unit) itu sejalan dengan kondisi pasar yang diharapkan terus bertumbuh,” bunyi pernyataan pabrikan.

Produksi Ertiga
Pabrik yang bakal membuat kendaraan bermotor roda empat Suzuki itu dibangun dengan investasi senilai 12 miliar yen. Di pabrik ini akan diproduksi beberapa model antara lain Suzuki Swift dan MPV Suzuki Ertiga.

Kinerja penjualan Suzuki di Myanmar memang tengah bersinar. Asosiasi Industri Otomotif Myanmar mencatat, sepanjang tahun 2019 lalu merek ini mencengkeram 60,3% pangsa pasar kendaraan bermotor roda empat di negeri itu.

Suzuki All New Ertiga – dok.Motoris

Asosiasi juga mencatat produksi Suzuki di tahun itu mencapai 13.300 unit, atau meningkat 125% dibanding jumlah produksi tahun sebelumnya. Sedangkan penjualan yang dibukukan merek ini pada tahun itu sebanyak 13.206 unit atau naik 128% dibanding tahun sebelumnya.

Sedangkan soal ekspor Ertiga ke negara yang dulu kondang dengan nama Burma itu sempat diungkapkan Department Head of Export PT Suzuki Indomobil Motor, Hady Surjono Halim, kepada awak media, Senin (4/3/2019) lalu.  “Tahun 2019 akan ada penambahan pasar untuk sepeda motor ke Korea dan Bangladesh. Ertiga merambah ke Myanmar,” ujarnya. (Chr/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This