Meski Mudik Dilarang, Industri Mobil Masih Optimis

Meski Mudik Dilarang, Industri Mobil Masih Optimis
Ilustrasi, peluncuran versi anyar atau versi penyegaran LCGC Toyota Calya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Terkait dengan serangkaian upaya untuk mencegah damak dan sekaligus mengakhiri penularan wabah virus corona di Indonesia, pemerintah kini serius tengah mengkaji kegiatan pulang kampung atau mudik lebaran 2020 oleh masyarakat. Ada tiga opsi yang tengah dikaji, salah satunya larangan total untuk mudik.

Opsi tersebut – yang merupakan opsi ketiga itu – jika dilaksanakan tentu memiliki konsekwensi tersendiri bagi masyarakat terutama bagi industri otomotif nasional. Pasalnya, masa-masa persiapan mudik lebaran, umumnya merupakan masa panen bagi industri mobil khususnya para agen pemegang merek.

Maklum, di masa tersebut masyarakat biasanya berburu mobil – baru maupun bekas – untuk sarana mobilitas atau angkutan untuk mudik. Alhasil, perkiraan bakal amblesnya penjualan mobil di masa lebaran kali ini dibanding masa-masa sebelumnya juga menyeruak.

Meski tak menampiknya, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengaku masih optimis penjualan mobil di Tanah Air masih akan menggeliat pada tahun ini. Walau, soal kinerja naik atau turun, dia mengaku masih sulit untuk memastikannya.

Ilustrasi, peluncuran Suzuki XL7 – dok.Motoris

“Tetapi, penjualan kan tidak hanya terjadi pada saat lebaran saja, tetapi juga di bulan-bulan lain. Dan masih banyak bulan. Tetapi sekarang ini priorotasnya adalah bagaimana menyelesaikan covid-19 (wabah virus corona) serta berbagai dampaknya dengan cara-cara secepatnya. Kalau itu selsai, masyarakat kembali sehat, ekonomi juga akan bergerak dan pasar kendaraan bermotor juga bergerak,” tutur dia saat dihubungi, Rabu (25/3/2020).

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, yang dihubungi sebelumnya juga enyatakan hal senada. Menurut Anron, kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor masih tinggi.

“Kita kan melihat penjualan tidak hanya jangka pendek, tetapi juga ke depannya. Kalau memang ada kebijakan pemerintah bisa mempercepat penanganan situasi covid-19 menjadi membaik, maka akan memperbaiki market ke depannya. Jujur sulit ya memprediksi karena situasi sangat dinamis, dan saya rasa situasi ini belum pernah terjadi,” ujar Anton kepada Motoris.

Menurut Anton, memulihkan kembali kesehatan masyarakat dan menghilangkan wabah ini menjadi faktor kunci dalam mengembalika kondisi ekonomi nasional untuk bergerak secara normal. Jika itu terjadi, pasar otomotif pun akan kembali bergerak normal.

Toyota New Agya atau Toyota Agya versi baru resmi diluncurkan di Indonesia secara virtual pada Kamis, 19 Maret 2020 – dok.Istimewa

“Terlebih, dalam kondisi seperti sekarang pun agen pemegang merek, terutama kami juga masih terus bergerak melalui aktifitas di digital misalnya. Terus kita lakukan. Selain itu, berbagai sitimulus juga kita tawarkan,” kata dia.

Tiga opsi terkait mudik
Sebelumnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (24/3/2020), Staf Khusus Menko Maritim dan Investasi Bidang Kelembagaan dan Media Jodi Mahardi menyatakan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait tengah menggodok opsi-opsi tersebut.Dasar pertimbangannya, untuk menghindarkan masyarakat dari paparan wabah virus, serta  terkait upaya untuk menyelesaikannya sesegera mungkin.

“Kami telah bersepakat bahwa hal yang paling utama sekarang ini adalah menjaga keselamatan masyarakat. Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik,” papar dia.

Ilustrasi, mudik lebaran degan melintasi jalan tol – dok.Motoris

Menurut Jodi, ada tiga opsi skenario yang sedang dibahas dengan melibatkan sejumlah kementerian terkait. Pertama, mempersilahkan masyarakat untuk mudik lebaran seperti biasanya atau yang dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kedua, opsi meniadakan mudik gratis oleh perusahaan. Ketiga, opsi skenario pelarangan mudik.

“Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada Presiden,” ucap dia. (Fan/Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This