Adaptasi, Suzuki Perbarui Mesin 250 cc Parallel Twin

Adaptasi, Suzuki Perbarui Mesin 250 cc Parallel Twin
Mesin motor 250cc parallel twin Suzuki yang diperbarui dan diajukan sebagai hak paten di India - dok.Tge Hindustan Times

New Delhi, Motoris – Suzuki Motor di India kini tengah melakukan pembaruan mesin motor 250 cc parallel twin untuk beradaptasi dengan regulasi standar emisi terbaru – Euro 5 – yang kini mulai berlaku di negara itu dan di negara tujuan ekspor. Pabrikan berlambang hruf “S” tersebut juga diketahui telah mengajukan hak paten atas teknologi pembarian mesin ini.

Seperti dilaporkan laman The Hindustan Times dan NDTV, Jumat (27/3/2020), mesin SOHC seperempat liter yang telah memiliki catalytic converter di bawah ruang bakar mesin ditambahi lagi. Catalytic converter tambahan tersebut ditempatkan lebih dekat ke port knalpot dan kepala silinder.

“Gambar paten juga menunjukan catalytic converter baru tersebut memiliki dua sensor oksigen. Sensor ini akan mengendalikan gas buang hasil pembakaran pada saat masuk dan keluar dari catalytic converter. Sehingga, gas buang tetap terkendali dan sesuai dengan peraturan yang ada (euro 5),” tulis media tersebut.

Ilustrasi, pengendara Suzuki GSX250R – dok.Ultimate Motorcycling

Selama ini, Suzuki telah menyematkan mesin 250 cc paralel-twin di sejumlah model motor. Di antara mereka ada Suzuki GSX250R, V-Strom 250, dan GW250 Inazuma. Namun, seiring dengan peraturan standar emisi di India maupun di negara-negara di mana motor-motor tersebut diekspor telah berubah dan berada di standar Euro 5, menjadikan Suzuki mau tidak mau harus melakukan penyesuaian. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This