Corona, TMF Beri Layanan Mobil Khusus Petugas Medis ASEAN

Corona, TMF Beri Layanan Mobil Khusus Petugas Medis ASEAN
Armada khusus yang melayani tenaga medis yang bertugas menaganai dampak virus corona di Thailand yang disediakan Toyota Mobility Foundation - dok.Toyota

Bangkok, Motoris – Saat “perang” melawan wabah virus corona di berbagai belahan dunia – termasuk di kawasan regional Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) – petugas medis baik dokter, perawat, petugas administrasi, hingga petugas kebersihan rumah sakit menjadi garda yang terdepan. Mereka dituntut memiliki mobilitas yang tinggi.

Lantaran itulah, kendaraan yang memadai – yakni tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga bersih dan steril pun – sangat dibutuhkan demi keselamatan mereka. Melihat fakta seperti itulah, Toyota Mobility Foundation (TMF) menyediakan sistem layanan kendaraan khusus yang bersih, steril, aman, serta nyaman untuk mereka.

Seperti dilansir laman resmi Global.toyota, Selasa (31/3/2020) lalu, untuk tahap pertama TMF menyediakan 10 unit kendaraan – berbasis Toyota Hiace versi paling anyar – untuk para tenaga medis, staf administrasi maupun tenaga kebersihan rumah sakit di Thailand. Yayasan nirlaba yang didirikan pada Agustus 2014 itu bahkan berniat untuk menyediakan layanan serupa bagi tenaga medis di negara-negara anggota ASEAN lainnya.

“Tujuan TMF adalah untuk memberikan solusi mobilitas terbaik yang memungkinkan para petugas kesehatan untuk melakukan perjalanan yang aman, nyaman dan gratis. Sehingga mereka tenang di saat-saat yang tidak pasti (karena ada lockdown atau karantina wilayah) sehingga akses kedaraan juga terbatas) seperti sekarang ini. Berdasarkan pengalaman (layanan yang diberikan TMF di) Bangkok, kami juga berniat untuk meluncurkan layanan ini di beberapa negara Asia Tenggara,” papar Direktur Program untuk Wilayah Asia TMF, Pras Ganesh.

Ilustrasi Logo Toyota – dok.Breakinoutfestival

Menariknya, armada khusus antar jemput yang disediakan secara gratis itu dilengkapi sistem aplikasi digital peesanan layaknya sebuah angkutan ride hailing. Sistem itu memberikan informasi tentang jadwal perjalanan, rute, waktu kedatangan di tempat-tempat pemberhentian, hingga kursi yang masih tersedia.

Sehingga, para tenaga kesehatan dan staf-staf pendukung itu dapat mengetahui secara pasti layanan angkutan bagi mereka. Namun, sebelumnya mereka juga harus mengunduh aplikasi tersebut.

Sistem perangkat lunak itu dirancang oleh SWAT Mobility, yakni sebuah perusahaan spesialis sistem solusi berbagi permintaan yang berkantr pusat di Singapura. Sedangkan layanan angkutan bagi tenaga medis dan staf pendukung oleh TMF di Thailand tersebut

Operasionalnya didukung oleh Toyota Motor Thailand Co. Ltd dan Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co., Ltd. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This