Mulai Hari Ini Wuling Motors Indonesia Setop Sementara Produksi

Mulai Hari Ini Wuling Motors Indonesia Setop Sementara Produksi
Mulai Hari Ini Wuling Motors Indonesia Setop Produksi

Jakarta, Motoris – PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia memutuskan untuk menyetop atau menghentikan sementara produksi mobil di pabariknya yang berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, hingga 19 April nanti. Namun, kegiatan penjualan unit ke masyarakat maupun layanan purna jual bagi kendaraan yang berada di tangan masyarakat masih berjalan seperti biasa.

Seperti diungkap Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, penghentian sementara operasi produksi itu sejalan dengan imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing dan tetap tinggal di rumah.

“Dalam rangka pencegahan dan mengurangi penyebaran virus corona, Wuling Motors memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas produksi di fasilitas pabrik di Cikarang mulai hari Senin 6 Aoril sampai dengan 19 April 2020,” kata dia dalam aplikasi pesan elektronik kepada Motoris, Minggu (5/4/2020) siang.

Dia memastikan, kesiapan stok unit yang ada di ler Wuling Motors masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Proses maupun kegiatan pengiriman unit yang dibeli konsumen juga masih berjalan seperti sediakala.
Meski, untuk proses pembelian maupun layanan purna jual – seperti servis maupun perawatan berkala – Wuling Motors Indonesia menyuguhkan cara virtual untuk pemesanannya.

Wuling Almaz varan 7 penumpang – dok.Motoris

Untuk pemesanan atau pembelian Agen Pemegang Merek berlambang lima berlian itu menyediakan layanan Online Booking untuk memudahkan para pelanggan dalam membeli produk Wuling melalui kanal MyWuling+, Wuling.id, serta kanal Blibli.com.  Selain itu, APM ini juga menyediakan layanan  test drive di rumah (Home Test Drive) bagi masyarakat yang menginginkannya.

“Untuk bisa mengikuti Home Test Drive itu masyarakat bisa mengakses MyWuling+ untuk melakukan registrasi. Selanjutnya, pihak diler yang bertugas akan menghubungi konsumen tersebut. Pada waktu yang sudah ditentukan, petugas sales Wuling akan mengunjungi rumah konsumen untuk melakukan test drive,” tutur Deputy Sales Director Wuling Motors, Michael Budihardja dalam siaran pers, Jumat (3/4/2020).

Sedangkan untuk layanan servis maupun perawatan berkala, disediakan layanan home service, yakni layanan servis panggilan ke rumah pelanggan. Proses booking bisa dilakukan melalui aplikasi MyWuling+ atau menghubungi diler terdekat tiga hari sebelum jadwal yang ditentukan.

Wuling Cortez 1.5 L Turbo dan Wuling Confero S e-Clutch – dok.Motoris

Penjualan menciut
Sekadar catatan, data penjualan internal Wuling Motors Indonesia menunjukan, sepanjang dua bulan pertama – Januari hingga Februari – total penjualan mobil Wuling ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 1.364 unit. Jumlah itu terdiri dari 489 unit penjualan selama Januari, dan 875 unit di Februari.

Rincian unit mobil yang terjual sepanjang Januari adalah Wuling Confero sebanyak 259 unit, Cortez 131 unit, Almaz 75 unit, dan Wuling Formo 24 unit. Sedangkan di Februari, Wuling Confero terjual 578 unit, Cortez 163 unit, Almaz 57 unit, dan Wuling Formo 77 unit.

Kinerja penjualan selama dua bulan pertama tersebut tercatat menciut dibanding Januari hingga Februari 2019. Maklum, sejak wabah virus corona juga mendera Indonesia, pasar kendaraan bermotor roda empat juga mengalami “meriang” sehingga lesu dalam penjualan.

Ilustrasi, Wuling Formo diluncurkan di Jakarta, 7 November 2018 dan dibanderol mulai Rp 135,8 juta – dok.Motoris

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, wholesales yang dibukukan Wuling Motors Indonesia sepanjanjang Januari 2019 sebanyak 1.566 unit. Jumlah itu terdiri dari wholesales Januari yang sebanyak 367 unit dan Februari 1.199 unit.

Sepajang Januari, belum ada penjualan Wuling Almaz. Pasalnya, SUV itu mulai diperkenalkan di Indonesia 27 Januari dan harganya diumumkan 27 Februari 2019. Adapun penjualan ke diler selama Februari 2019 terdiri dari Wuling Confero sebanyak 593 unit, Almaz 586 unit. Cortez 17 unit dan Formo 3 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS