Penjualan Toyota, Honda, dan Hino di Maret Berguguran

Penjualan Toyota, Honda, dan Hino di Maret Berguguran
Ilustrasi, Toyota New Calya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang dipasarkan hampir seluruh merek di Indonesia sepanjang Maret kemarin dipastikan turun drastis dibanding bulan yang sama tahun 2019 atau bulan sebelumnya di tahun yang sama. Sejumlah merek sudah terus terang menyatakan kondisi itu.

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) telah menyatakan penjualan di bulan ketiga itu menurun. “Dari laporan teman-teman di diler, penjualan Maret (ritel) turun sekitar 30%-an lebih. Karena memang wabah virus corona atau Covis-19 itu berdampak ke ekonomi kita,” tutur Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Motoris di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Penjualan langsung ke konsumen (ritel) Toyota sepanjang Maret itu tercatat sebanyak 17.743 unit. Jumlah ini anjlok dibanding penjualan ritel sepanjang 37,9% dibanding penjualan Maret 2019 yang masih sebanyak 27.608 unit.
Sementara dibanding Februari 2020, penjualan ritel Maret itu ambles 25,7%. Karena selama Februari penjualan ritel masih sebanyak 23.884 unit.

Honda Brio Satya yang ditawarkan melalui pembelian secara kredit dengan uang muka Rp 15 juta – dok.Motoris

Penurunan penjualan ritel juga dialami mobil Honda. Dalam keterangan tertulis, Jumat (3/4/2020), Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy menyatakan pada bulan ketiga itu penjualan Honda tercatat sebanyak 10.657 unit mobil. Jumlah tersebut, lanjut dia, turun 11% dibanding bulan sebelumnya.
Sedangkan di segmen kendaraan komersial, PT Hino Motir Sales Indonesia (HMSI) juga mengalami musim gugur.

“Penjualan kami selama Maret kemarin, benar-benar mengalami musim gugur. Ini terjadi karena kendaraan komersial itu sangat terkait erat dengan kondisi ekonomi. Sedangkan, sejumlah sektor yang menjadi penyerap kendaraan komersial juga terkena dampak Covid-19 (wabah virus corona,” ujar Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo, saat dihubungi Motoris, Selasa (7/4/2020).

Ilustrasi, truk terbaru Hino Ranger FG 235 JU – dok.Istimewa

Di bulan ketiga itu, lanjut Santiko, penjualan ritel yang dibukukan hanya 1.220 unit. Padahal, di bulan yang sama tahun 2019 lalu, HMSI masih mengantongi penjualan ritel sebanyak 3.038 unit. (Fat/Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS