Toyota hingga Isuzu Lesu, Penjualan Grup Astra Mengkerut

Toyota hingga Isuzu Lesu, Penjualan Grup Astra Mengkerut
Ilustrasi, SUV 7 kursi Isuzu MU-X - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang tiga bulan pertama atau kuartal satu tahun 2020 ini, total penjualan mobil dari seluruh merek yang ada di bawah payung Grup Astra (di luar kelas LCGC) tercatat menciut 3,3% dibanding kuartal pertama tahun 2019. Bahkan jika ditotal dengan jumlah penjualan mobil LCGC pun – di periode itu – ternyata juga mengkerut alias berkurang 3.448 unit dibanding tahun lalu.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan dirilis PT Astra International Tbk, Rabu (15/4/2020) menunjukan di rentang Januari hingga Maret kemarin total penjualan ke diler (wholesales) mobil (tidak termasuk LCGC) merek di bawah Grup Astra sebanyak 129.743 unit. Sedangkan di periode sama tahun 2019 tercatat masih sebanyak 134.229 unit.

Di kurun waktu yang sama, penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) merek di bawah grup ini – yakni yang dipasarkan Toyota dan Daihatsu – tercatat sebanyak 37.974 unit. Jumlah ini meningkat dibanding penjualan di periode sama tahun 2019 yang sebanyak 36.936 unit.

Ilustrasi, Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Susutnya penjualan Grup Astra ini tak lepas dari kinerja penjualan kuartalan Toyota, Daihatsu, dan Isuzu. Fakta berbicara, di tiga bulan pertama tahun ini penjualan Toyota menjual mobil ke diler (wholesales tidak termasuk LCGC) sebanyak 75.677 unit atau susut dibanding tiga bulan pertama 2019 yang sebanyak 77.547 unit.

Daihatsu menjual sebanyak 48.113 unit alias mengkerut dibanding periode sama yang sebanyak 50.699 unit. Isuzu ambles dari 5.965 unit menjadi 5.700 unit.

Sementara, penjualan UD Trucks tercatat naik, sebab di tiga bulan pertama tahun 2019 penjualannya nihil, dan di kuartal pertama 2020 sebanyak 170 unit. Adaun Peugeot, penjualannya menanjak dari 23 unit menjadi 83 unit.

Hanya memang, meski total jumlah mobil yang dilego Grup Astra menyusut, namun penguasaan pangsa pasar grup ini justeru naik. Jika di kuartal pertama 2019 masih 52%, di tahun ini menjadi 55%.

Ilustrasi, Toyota All New Kijang Innova – dok.Motoris

Sekadar informasi Gaikindo mencatat, wholesales mobil – dari seluruh merek yang ada, baik Astra maupun non Astra dan termasuk LCGC – di kuartal pertama tahun ini sebanyak 236.797 unit. Adapun yang terjual langsung ke konsumen (ritel) sebanyak 219.361 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This