Resmi, TVS Motor Caplok Norton Motorcycles

Resmi, TVS Motor Caplok Norton Motorcycles
Salah satu model besutan Norton Motorcycles yang merambah pasar Amerika Serikat - dok.Cycle World

Mumbai, Motoris – Setelah hampir dua pekan lalu telah disebut-sebut tengah melakukan pendekatan intensif ke tokoh-tokoh kunci di manajemen pabrikan motor kondang asal Inggris – Norton Motorcycles – TVS Motor Company akhirnya resmi mengakuisisi pabrikan itu. TVS  menggelontorkan fulus senilai 16 juta poundsterling untuk membelinya.

Kepastian itu dilaporkan laman India Today dan Livemint, Jumat (17/4/2020), mengutip pernyataan resmi TVS Motor Company kepada otoritas yang berwenang di Inggris dan India, yang berlangsung Jumat (17/4/2020) petang.

“”Kami ingin memberi tahu Anda bahwa anak perusahaan TVS Motor Company Ltd (TVS Motor) di luar negeri hari ini ( Jumat, 17 April 2020) telah menandatangani perjanjian pembelian aset antara lain dengan Norton Motorcycles Holdings Ltd dan Norton Motorcycles (Inggris) ) Ltd untuk memperoleh aset tertentu dari Norton, termasuk, merek Norton dan merek lainnya yang terkait,” bunyi pernyataan perusahaan itu kepada lembaga berwenang.

Transaksi tersebut dilakukan secara tunai oleh perusahaan anyar yang dibentuk anak perusahaan pabrikan yang berdiri tahun 1978 itu,  TVS Motor Singapore Pte. Ltd. Perusahaan baru itu bernama Project 303 Bidco Ltd, dan diumumkan beberapa hari menjelang pelaksanaan pembelian Norton.

Joint Managing Director TVS Motor Sudarshan Venu menegaskan, akuisisi tersebut bakal mmenjadikan jalan yang lempang bagi perusahaaanya  untuk menggarap pasar global. “Transaksi ini sejalan dengan upaya kami untuk memenuhi aspirasi pelanggan sepeda motor yang cerdas. Kami akan memperluas dukungan penuh kami kepada Norton untuk mendapatkan kembali kegemilangannya di pasar motor internasional,” ujar dia.

Maklum, TV masih lah belum semoncer pabrikan lain, terutama pabrikan asal Jepang di segmen pasar motor segmen menengah ke bawah. Begitu pun dengan pabrikan-pabrikan lain yang menggarap segmen menengah ke atas. Lantaran itulah, seperti dikatakan analis otomotif di Oswal Securities, dengan menggenggam kepemilikan Norton Motorcycles, TVS  bisa memiliki amunisi yang “tajam” untuk menembus pasar dunia.

Pasalnya, motor buatan Norton juga telah dikenal di pasar Eropa, Amerika, dan belahan dunia lainnya.  Norton juga dinilai memiliki reputasi yang bagus dalam menghasilkan produk kelas global.

Sementara, Venu memastikan bahwa Norton diberi hak penuh dan tanpa batas untuk terus mempertahankan identitas khasnya, dengan rencana bisnis yang dimiliki. “Dan TVS Motor akan bekerja sama dengan para pelanggan dan karyawan perusahaan di Inggris,” tandas dia.

Ilustrasi, seetang sepeda motor Norton – dok.Bloomberg

Terbelit masalah keuangan
Norton adalah perusahaan sepeda motor berusia 122 tahun yang didirikan oleh James Lansdowne Norton di Birmingham. Pabrikan ini dikenal memiliki sederet produk yang populer, antara lain dengan nama Commando dan Dominator.

Hanya sayang, pabrikan yang didirikan pada tahun 1898 – dan mulai memproduksi sepeda motor tahun 1902 – itu, di pertengahan tahun 2010 – 2020 lalu mulai limbung karena deraaan masalah finansial. Bahkan, di awal-awal tahun 2010 jurang kebangkrutan sudah mulai menjelang.

Seperti dilaporkan The Guardian, belum lama ini, di tengah gonjang-ganjing keuangan itu, bos Norton – Stuart Gardner – berupaya mencari pendanaan anyar. Salah satunya, meminjam fulus yang berasal dari program investasi lembaga dana pensiun Inggris.

Pabrik Norton Motorcyles di Birmingham, Inggris – dok.Norton Motrcycles

Hanya, dalam perjalanannya pengembalian dana itu tak berlangsung mulus. Maklum, penjualan produk pabrikan ini juga seret di pasar dunia. Terlebih, Norton diketahui juga kesrimpet masalah pembayaran pajak. Bermula dari masalah investasi itulah, tuduhan penipuan pun mencuat dan berujung ke lembaga hukum.

Singkat cerita, nasib Norton telah berada di ujung tanduk. Hingga, akhirnya TVS Motor Company datang mencoba mengulurkan tangan untuk memberi tawaran demi menyelamatkan pabrikan ini. Bloomberg News, Rabu (8/4/2020) melaporkan pabrikan ini begitu intensif melobi manajemen pabrikan tersebut.

Ternyata, jurus pendekatan yang dimainkan pabrikan itu tokcer. Seorang sumber di Norton mengatakan, TVS  tak butuh waktu lama untuk menjadi penawar potensial pembelian seluruh saham pabrikan yang berpusat di Birmingham, Inggris, itu.  Hingga, tak lama kemudian, pembelian pun terjadi. TVS pun resmi mencaplok Norton Motorcycles. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This