Hajatan GIIAS 2020 Diundur, Tak Jadi Digelar Agustus

Hajatan GIIAS 2020 Diundur, Tak Jadi Digelar Agustus
Ilustras pameran mobil GIIAS 2019- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Hajatan pameran otomotif terbesar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 yang rencananya digelar Agustus nanti dipastikan diundur setelah wabah virus corona (Covid-19) mendera Indonesia. Kemungkinan, perhelatan tersebut dilangsungkan pada Oktober.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto yang dikonfirmasi Motoris melalui pesan elektronik, di Jakarta, Sabtu (2/5/2020) menegaskan hal itu. “Rencananya demikian (diundur dan dihelat Oktober). Tetapi, itu tergantung pandemi Covid-19 ya. Kapan selesainya pandemi itu. Kalau pun perlu diundur lagi juga tidak apa-apa,” kata dia.

Menurut Jongkie untuk menyelenggarakan GIIAS dibutuhkan waktu persiapan sedikitnya tiga bulan sebelum hari “H”. Sedangkan, perkiraan dari sumber-sumber resmi wabah virus corona akan berakhir pada Juli nanti.

Ilustrasi, usher Lexus di GIIAS 2019 – dok.Motoris

“Karena itu, kalau (digelar) Agustus sudah pasti tidak dimungkinkan. Terlalu mepet. Tetapi kembali lagi ke kondisi yang ada, kalau ternyata kondisinya (Oktober) masih belum memungkinkan (karena masa pemulihan dari wabah atau bahkan wabah masih terjadi), kalau diundur lagi juga tidak apa-apa,” ucap mantan Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia itu.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengaku telah mendengar informasi itu. Meski belum mendapatkan pernyataan secara resmi dari Gaikindo.

Dia memahami kondisi yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan terkait dengan pameran ini. Pasalnya, kondisi juga masih cukup riskan juga pameran tetap digelar, meski wabah telah dinyatakan berakhir sekali pun. Karena pameran merupakan tempat berkumpulnya banyak orang.

Ilustrasi, usher Hino di hajatan GIIAS 2019 – dok.Motoris

“Tetapi (meski hajatan GIIAS ditunda), kegiatan industri otomotif diharapkan tetap berjalan,” kata dia saat dihubungi. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This