Di Tengah Wabah Corona, Penjualan Mobil di Amerika Terbanyak di Dunia

Di Tengah Wabah Corona, Penjualan Mobil di Amerika Terbanyak di Dunia
Ilustrasi, proses produksi mobil di pabrik General Motors - dok.CNBC

Stuttgart, Motoris – Sepanjag kuartal pertama atau dari Januari hingga Maret lalu, penjualan mobil di sejumlah pasar utama yakni Eropa, Amerika Serikat, Cina, Jepang, Brasilia, dan India ambles. Di rentang waktu itu Amerika Serikat,Eropa, dan Cina menjadi pasar dengan penjualan terbanyak di dunia.

Data dari asosiasi industri mobil Jerman – VDA – yang dilansir laman Best Selling Cars, belum lama ini menunjukan, sepanjang tiga bulan pertama itu, Amerika Serikat tercatat sebagai negara dengan penjualan terbanyak. Tercatat, 3.476.500 unit mobil terjual di Negeri Paman Sam itu pada rentang waktu tersebut.

Sedangkan di Eropa terjual sebanyak 3.054.700 unit. Jumlah ini ambles 26,3% dibanding periode sama tahun lalu. Di Cina, penjualan tercatat sebanyak 2.832.900 unit atau ambrol 45,2%.

Pada tahun sebelumnya, penjualan mobil di Negeri Panda ini tercatat terbanyak di dunia. Namun, semenjak wabah virus corona mendera, penjualan mobi di negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini terus merosot. Terlebih setelah diberlakukannya lockdown.

Ilustrasi, sebuah diler Mitsubishi Motors di Cina – dok.US News Money

Pada saat yang sama, di Jepang penjualan sebanyak 1.148.500 unit. Penjualan ini merosot 10% dibanding penjualan di kurun waktu yang ama tahun lalu.

India menempati urutan selanjutnya dengan total penjualan sebanyak 657.200 unit atau anjlok 22,1%. Sedangkan di Brasilia sebanyak 534.300 unit atau mengkerut 8,1%.

Sementara itu, penjualan mobil di India sepanjang April kemarin dilaporkan nihil alias tidak ada sama sekali penjualan. “Pemberlakuan lockdown menusul merebaknya wabah virus corona penjualan Maruti Suzuki dan rivalnya Hyundai dilaporkan kosong selama bulan tersebut,” tulis laman India Today, Jumat (1/5/2020). (Fan/Ara)

Ilustrasi, Renault Kwid di India – dok.IBTimes India

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS