Penjualan Ambles 20,6% Karena Corona, BMW Group Revisi Proyeksi Laba

Penjualan Ambles 20,6% Karena Corona, BMW Group Revisi Proyeksi Laba
Ilustrasi, BMW 320i Touring M Sport - dok.Yahoo

Munchen, Motoris – Bayerische Motoren Werke (BMW) AG merevisi proyeksi perolehan laba pada tahun ini setelah dampak wabah virus corona (Covid-19) diperkirakan bakal terjadi lebih lama. Terlebih penjualan selama tiga bulan pertama atau kuartal pertama tahun ini juga ambles.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (6/5/2020), Chief Financial Officer pabrikan itu – Nicolas Peter – mengatakan laba sebelum bunga dan pajak diprediksi hanya berada di kisaran 0 – 3%. Sedangkan sebelumnya diperkirakan berkisar 2 – 4%.
BMW, lanjut dia, juga mengurangi investasi dari sebelumnya 5,7 miliar euro menjadi hanya 4 miliar euro. Efisiensi dilakukan untuk menjaga performa arus kas perusahaan.

Chief Executive Officer BMW Oliver Zipse menyebutkan situasi saat ini masih sangat serius. “Kami menjaga ketat pada tingkat persediaan karena likuiditas merupakan aspek paling utama dalam situasi ini,” kata dia seperti dilansir Bloomberg, Rabu (6/5/2020).

Ilustrasi, MINI Clubman versi baru diluncurkan 14 Februari 2020 – dok.Motoris

Sebelumnya, seperti dilansir Reuters dan Euro News, Selasa (7/4/2020), Juru Bicara pabrikan itu mengatakan total penjualan BMW Group – meliputi merek BMW, MINI, Rolls Royce, dan BMW Motorrad (sepeda motor) – di tiga bulan pertama tahun ini ambrol 20,6%. Penurunan terjadi di berbagai negara yang merupakan pasar pabrikan tersebut.

Pada awal tahun 2020 ini, lanjut dia, kinerja BMW cukup gemilang. Namun, kondisi mulai berubah ketika waktu telah menginjak bulan Februari, dimana dampak wabah virus corona mulai terasa di berbagai belahan dunia. Di Cina penjualan pada rentang waktu itu ambles 30,9%, di Eropa merosot 18,3%, di Amerika Serikat susut 17,4%, dan di wilayah lain besaran penyusutan bervariasi.

Laporan kinerja penjualan kuartal I itu menunjukan, sebanyak 411.809 unit kendaraan BMW dikirim ke konsumen. Jumlah ini mengkerut 20,1% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Ilustrasi, BMW S1000RR model 2020 – dok.Bobs’s BMW Motorycles

Sementara, kendaraan merek MINI terjual sebanyak 64.449 unit atau menyusut 23,4%. Merek Rolls-Royce terjual 853 unit atau ambles 27,2% .

Adapun sepeda motor BMW yang diproduksi oleh BMW Motorrad pada kurun waktu itu mencatatkan penjualan sebanyak 34.774 unit. Jumlah ini menciut 9,9% dibanding tiga bulan pertama 2019. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS