Di Pasar Terbesarnya, Penjualan dan Laba Suzuki Ambrol

Di Pasar Terbesarnya, Penjualan dan Laba Suzuki Ambrol
Suzuki Ignis versi facelift saat diluncurkan di India di Auto Expo 2020 - dok.91wheels

New Delhi, Motoris – Maruti Suzuki merupakan merek penguasa pasar mobil di India, karena satu dari setiap dua mobil yang terjual di negeri itu – atau 50%-nya – merupakan merek Suzuki. Namun, setelah pandemi vitus corona (Covid-19) mendera negara itu sejak Januari – Maret lalu penjualannya ambles.

Seiring dengan merosotnya penjualan tersebut laba perusahaan pun ambrol. Seperti dilaporkan India Today dan Reuters, Rabu (14/5/2020), laba yang dikantongi selama tiga bulan pertama tahun ini hanya 12, 91 miliar rupee atau sekitar Rp 2,5 triliun. Padahal, di rentang waktu sama tahun 2019 lalu masih senilai 17,96 miiar rupee atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Selama kuartal tersebut, Maruti Suzuki menjual 385.025 unit kendaraan. Jumlah itu ambles 16% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Rincian penjualan itu adalah, 360.428 unit di pasar dalam negeri India atau merosot 16%, sementara ekspor 24.597 unit atau anjlok 16,9% dibanding periode yang sama tahun fiskal sebelumnya.

Kantor Maruti Suzuki atau Suzuki India – dok.India Today

“(Soal penurunn laba) Perusahaan berdalih karena penjualan yang menurun dan biaya promosi yang tinggi. Biaya tersebut hanya dapat diimbangi dengan pengurangan biaya operasional dan pengurangan tarif pajak,” tulis India Today.

Namun, sejatinya, Suzuki di India tersebut sudah membukukan amblesnya penjualan sebelum wabah virus corona merebak, meski penurunan semakin menjadi setelah pandemi itu terjadi dan manajemen memutuskan untuk menghentikan produksi di pabrik. Kini, produsen mobil terbesar di India itu memutuskan melanjutkan produksi di tengah pandemi untuk memperbaiki performa penjualan.

“Tetapi, menyangkut prospek tahun ini, masih terlalu dini untuk berspekulasi. Karena masih sangat banyak ketidakpastian,” ungkap Chairman Maruti Suzuki, R.C Bhargava.

Suzuki Baleno Facelift di India – dok.Autocar India

Sementara, penjualan selama setahun penuh tahun fiskal 2019/2020 – yakni dari 1 April 2019 hingga 31 Maret 2020 – penjualan Suzuki di Negeri Sari itu tercatat sebanyak 1.563.297 unit. Jumlah itu ambles 16,1% dibanding penjualan tahun fiskal 2018/2019.

Selama tahun fiskal 2019/2020, penjualan di pasar domestik tercatat sebanyak 1.461.126 unit atau ambrol 16,7%. Sedangkan ekspornya sebanyak 102.171 unit, mengkerut 6% dibanding periode sama tahun fiskal 2018/2019. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS