Penjualan Ambyar, Pangsa Pasar Daihatsu di Januari – April Malah Mekar

Penjualan Ambyar, Pangsa Pasar Daihatsu di Januari – April Malah Mekar
Penjualan Januari – April Ambyar, Pangsa Pasar Daihatsu Malah Mekar

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga April tahun ini penjualan ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel) yang dibukukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) jauh lebih sedikit alias ambyar dibanding rentang waktu yang sama tahun 2019. Meski begitu, pangsa pasar yang berhasil digenggam agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia – tahun ini – justeru naik alias bertambah mekar.

Data internal ADM menunjukan, penjualan ritel sepanjang Januari – April tahun ini sebanyak 44.346 unit atau 18,2% dari total penjualan ritel mobil secara nasional yang sebanyak 243.634 unit. Sedangkan pada kurun waktu yang sama di tahun 2019, penjualan ritel tercatat sebanyak 60.706 unit dengan pangsa pasar 17,8%.

Sementara, wholesales pada periode sama di tahun ini tercatat sebanyak 49.443 unit atau setara dengan 20,2% total wholesales mobil di pasar kendaraan roda empat nasional. Secara jumlah, wholesales tahun ini ambles dibanding Januari – April 2019 yang sebanyak 66.825 unit.

Astra Daihatsu Ayla seperti halnya Astra Toyota Agya juga membidik konsumen kalangan usia muda – dok.Istimewa

Tetapi pangsa pasar yang digenggam lebih besar karena mencapai 20,2%. Pasalnya, total wholesales seluruh merek yang dibukukan pada periode tersebut tercatat sebanyak 244.762 unit.

Seperti diungkap Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Kamis (14/5/2020), selama catur wulan pertama 2020 ini, Daihatsu Sigra tetap mendominasi penjualan dengan jumlah 12.868 unit. Jumlah itu setara dengan 29% total ritel yang dibukukan.

Dia disusul pikap Daihatsu Gran Max yang mengoleksi angka penjualan 8.805 unit. Kemudian diikuti Daihatsu Terios 7.131 unit, Ayla degan penjualan 5.332 unit, dan Xenia yang terjual sebanyak 5.092 unit.

Ilustrasi, peluncuran New Daihatsu Sirion – dok.Istimewa

Sementara, Daihatsu Gran Max (minibus) berada di urutan berkutnya dengan penjualan sebanyak 3.911 unit. Sedangkan Daihatsu Luxio dan Sirion mencatatkan penjualan sebanyak 1.207 unit atau hanya 2,7% dari total ritel.

“Kami prihatin dengan kondisi pasar yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” ujar Amelia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This