Leasing Makin Ketat, Begini Cara Mitsubishi Menyiasati

Leasing Makin Ketat, Begini Cara Mitsubishi Menyiasati
Mitsubishi Xpander Cross - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Menyikapi langkah perusahaan pembiayaan yang semakin ketat dalam menyalurkan pembiayaan kredit kendaraan bermotor – termasuk mobil – dengan memberi persyaratan uang muka hingga 40%, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih optimis. Agen pemegang merek dan distributor resmi mobil Mitsubishi di Indonesia ini mengaku mempunyai strategi untuk menyiasatinya.

Head of Sales & Marketing Region 1 Department MMKSI, Budi Daulay, mengakui sejak April perusahaan pembiayaan memperketat seleksi calon nasabah yang mengajukan kredit kepada mereka. “Perusahaan leasing menaikkan DP (Down Payment atau uang muka) yang biasanya 20 sampai 30% sekarang menjadi 40%,” kata dia dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

MMKSI, kata Budi, terus mengkomunikasikan kepada leasing bahwa masih ada calon konsumen yang merupakan pelaku atau pekerja di sektor usaha yang sampai saat ini masih tumbuh.  Sehingga, mereka masih potensial untuk dibiayai.

Sektor-sektor tersebut masih berkinerja positif meski perekonomian terhimpit dampak wabah virus corona (Covid-19). “Misalnya (pelaku) di sektor kesehatan. Bukan hanya tenaga medis saja, tetapi juga pengusaha yang menyediakan masker, obat-obatan, dan lain-lain,” kata dia.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Cross – dok.MMKSI

Selain itu, pelaku usaha maupun pekerja di sektor telekomunikasi dan beberapa sektor lainnya. Semua sektor tersebut terbukti masih banyak dibutuhkan, sehingga permintaan produk atau jasanya meningkat.

“Jadi intinya, kita akan terus komunikasi dengan mereka (perusahaan leasing).

Sebelumnya,Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menyebut sejumlah perusahaan leasing menyetop sementara penyaluran kredit. Mereka, kata Suwandi, khawatir akan terjadi kredit macet dan nasabah meminta lagi dilakukan relaksasi atau restrukrurisasi dengan alasan terdampak Covid-19.

“Ada yang berhenti sementara untuk biayai (pembelian) mobil baru, karena ada kekhawatiran nanti macet lagi. Terus, ada restrukturisasi lagi. Jadi, ini tindakan prudent (kehati-hatian) untuk mitigasi risiko,” ungkap dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/4/2020) lalu.

Mitsubishi New Triton – dok.Motoris

Program spesial
Sementar itu, Head of sales & marketing Planning and Operation Dept PT MMKSI, Andry Indhardy menyatakan, selama bulan Mei ini pihaknya justeru menggeber program spesial. Beberapa keuntungan yang ditawarkan ke calon konsumen mulai dari DP yang rendah hingga gratis biaya perawatan.

“Untuk Pajero Sport, misalnya, kita menghadirkan solusi pembiayaan yang fleksibel. Selain itu, ada beberapa program yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen tergantung dari kebutuhan mereka, ada bunga 0% selama 1 tahun, cicilan mulai dari Rp 7 jutaan dan juga ada asuransi gratis selama satu tahun,” kata Andry di konferensi pers virtual tersebut.

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport – dok.Motoris

Bahkan selama empat tahun ke depan, konsumen tidak perlu memikirkan biaya perawatan. “Karena, termasuk dari jasa dan spare part selama empat tahun atau 50.000 kilometer mana yang lebih dahulu. Perawatan sudah ditanggung dan pembelian Pajero Sport juga sudah di lengkapi dengan kaca film V-Kool,” ujarnya.

Sementara untuk pembelian Xpander Cross ditawarkan bunga 0% hingga dua tahun dan biaya servis dan spare part ditanggung selama empat tahun atau 50.000 kilometer.”Untuk Xpander kita kita ada cicilan ringan Rp 3 juta dan sudah tersedia kaca film Konica Minolta,”ujar Andry. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS