Jelang Lebaran Permintaan Mobkas Ambles, Harga Stabil

Jelang Lebaran Permintaan Mobkas Ambles, Harga Stabil
Ilustrasi, Toyota Avanza Veloz facelift- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Wabah virus corona (Covid-19) yang mendera Indonesia telah berdampak ke perekonomian masyarakat, tak terkecuali di pasar mobil bekas (Mobkas). Bahkan di saat menjelang lebaran sekali pun.

Seperti diungkap Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, biasanya selama periode menjelang lebaran atau di bulan Ramadhan pencarian mobkas oleh masyarakat melonjak dengan berbagai alasan, khususnya persiapan sarana transportasi lebaran. Namun, pada periode yang sama di tahun ini, hal itu tak terjadi.

Menurut dia, penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platform OLX hingga sekitar 40% sepanjang pekan pertama bulan Ramadan (23 April) dibanding data yang sama pada 5 Maret atau beberapa hari setelah kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan pemerintah.

Tak hanya pencarian saja yang menurun, tetapi juga listing (pemasangan iklan di platform OLX) oleh masyarakat juga menyusut. Tercatat, kata Ichmeralda, selama periode yang sama (atau pekan pertama Ramadhan dibanding 5 Maret), jumlah listing merosot 30%.

Ilustrasi, deretan mobil bekas yang dijual di Bursa Mobil Bekas Jakarta – dok.Motoris

“Penurunan ini memang sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini. Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaanm” papar Ichmeralda dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Di tengah penurunan permintaan dan listing itu, MPV Toyota dan Daihatsu masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX. Begitu pula dengan hatchback Honda.

“Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi Covid-19 ini,” jelas Ichmeralda.

Ilustrasi, mobil bekas di Bursa Otomotif Mangga Dua Square Jakarta – dok.Motoris

Harga tetap stabil
Menariknya, kendati terjadi penurunan permintaan dan listing – di platform OLX – namun tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata pada listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadan (23 April 2020) adalah Rp 193 juta.

Besaran harga itu menurun hanya sekitar 5% dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020. Bahkan – di periode itu – harga rata-rata pada permintaan mobkas justru naik sekitar 5% dan berada di kisaran harga Rp 146 juta.

Mobil MPV masih tetap mendominasi, baik pada listing maupun permintaan. Tetapi, fakta menarik menunjukan di saat itu permintaan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia ambles 50%-60% hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020.

Ilustrasi, Toyota All New Fortuner – dok.Istimewa

Sedangkan, permintaan Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport juga melorot sekitar 30%. “Pandemi ini memang banyak memukul kelas menenga. Sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” imbuh Ichmeralda. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This