Honda dan Tencent, Kembangkan Fitur Berbelanja Online dari Mobil

Honda dan Tencent, Kembangkan Fitur Berbelanja Online dari Mobil
Ilustrasi, kerjasama Honda dengan Tencent dalam pengembangan fitur berbasis platform WeChat milik Tencent - dok.Gasgoo

Shenzen, Motoris – Pabrikan asal Jepang, Honda Motor Company (Honda) berkolaborasi dengan perusahaan teknologi kondang asal Shenzen, Cina – Tencent – mengembangkan aplikasi digital yang bakal menjadi fitur anyar di mobil Honda. Aplikasi berbasis platform milik Tencent – yakni WeChat –  itu bakal memudahkan pengemudi atau penumpang di mobil Honda, berbelanja secara online di tengah perjalanan.

Seperti dilaporkan Nikkei dan Auto Gasgoo, Jumat (22/5/2020), dengan aplikasi tersebut pengemudi maupun penumpang bisa melakukan pemesanan barang-barang yang mereka butuhkan plus pembayarannya. Setelah itu, sistem akan menunjukan di toko mana barang tersebut bisa diambil. Sehingga, berbelanja lebih efisien dan mudah.

Aplikasi tersebut dipastikan aman dari berbagai kemungkinan fraud atau hazard dari pihak yang tak bertanggung jawab. Tetapi aplikasi itu baru bisa dinikmati masyarakat di Republik Rakyat Cina dulu.

Ilustrasi, Tencent – dok.Line Today

“Honda mempunyai basis konsumen yang banyak dan loyal di Cina. Kini, tuntutan dari konsumen, khususnya kelomok usia muda adalah layanan mobilitas yang mudah, sesuai dengan era perubahan di mana fitur cerdas dan fungsi konektivitas menjadi faktor pendorong utama bagi konsumen. Terlebih perkembangan internet memang tengah menjadi booming,” papar Vice President Tencent Intelligent Mobile, Zhong Xuedan.

Sistem ini menggunakan Tencent Auto Intelligence (TAI) 3.0. Selama ini, platform tersebut paling populer di Negeri Panda, karena memiliki fitur yang lengkap mulai dari hiburan hingga belanja online.

“Kami akan bekerja sama dengan Honda Cina dalam mengeksplorasi ekosistem mobil dan sistem layanan yang sesuai dengan keinginan pasar, dengan memanfaatkan keunggulan kami dalam teknologi dan pembangunan ekosistem. Sehingga, bisa membantu Honda dalam mengembangkan strategi sistem digitalnya,” ujar Zhong Xuedan.

Ilustrasi, mobil Honda di pasar Cina – dok.Euronews

Tencent Auto Intelligence 3.0 menyuguhkan dua aplikasi. Salah satunya, bisa membaca hobi pengguna, preferensi mengemudi, hingga sistem hiburan yang berbasis kecerdasan buatan dan big data. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This