PSBB Marak, Penjualan Toyota dan Honda Selama Mei Terjun Bebas

PSBB Marak, Penjualan Toyota dan Honda Selama Mei Terjun Bebas
Ilustrasi, Toyota All New Kijang Innova, - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah yang berkonsekwensi berkurangnya kegiatan masyarakat dan perkantoran termasuk diler kendaraan bermotor telah berdampak signifikan terhadap penjualan mobil sepanjang bulan Mei. Dampak signfikan berupa anjloknya penjualan dialami Toyota dan Honda.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang bulan kelima itu penjualan Toyota hanya sebanyak 6.727 unit. Jumlah ini anjlok 78,8% dibanding bulan yang sama tahun lalu yang masih sebanyak 31.871 unit.

Sementara, penjualan mobil Honda yang dijajakan PT Honda Prospect Motor (HPM) tercatat hanya sebanyak 1.291 unit. Jumlah itu ambrol hingga 89,5% dibanding penjualan yang dibukukan sepanjang Mei 2019, bahkan penjualan ke diler (wholesales) hanya 101 unit.

Ilustrasi, Honda HR-V yang dijual di Indonesia – dok.PT Honda Prospect Motor

“PSBB di Jakarta itu mulai 10 April diberlakukan. Saat masa PSBB ini kegiatan diler maupun masyarakat juga berkurang. Orang banyak work from home. Selain itu, ya memang dampak Covid-19 (wabah virus corona) ini memang cukup berat ke ekonomi, sehingga dalam kondisi seperti ini orang juga menahan diri beli kendaraan,” papar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Terlebih, Jakarta dan sekitarnya selama ini memberikan kontribusi penjualan yang dominan terhadap total penjualan kendaraan bermotor roda empat atau leih secara nasional. Selain jumlah penduduk yang besar, pusat perekonomian juga berada di wilayah tersebut.

“Mudah-mudahan Juni ini kita mulai ada peningkatan. Karena tahapan menuju new normal juga sudah mulai. Kegiatan masyarakat sudah berangsir mulai ramai lagi, sehingga diharapkan juga berdampak ke roda perekonomian,” imbuh Jongkie. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS