Penjualan Kendaraan Niaga di Lima Bulan Pertama, Fuso Juaranya

Penjualan Kendaraan Niaga di Lima Bulan Pertama, Fuso Juaranya
Salah satu varian truk ringan atau LDT Mitsubishi Fuso - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Mei, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia tercatat hanya sebanyak 260.716 unit atau ambrol 40% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 434.466 unit. Sementara, penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 248.310 unit atau rontok 41,22%.

Di tengah kondisi seperti itu, di keseluruhan pasar (baik kendaraan penumpang itu, Mitsubishi Fuso, masih mampu merebut 4% pangsa pasar. Sedangkan di segmen pasar kendaraan komersial alias kendaraan niaga, dia menjadi juaranya.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris, Rabu (10/6/2020) menunjukkan, di rentang lima bulan pertama itu, Mitsubishi Fuso membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 10. 472 unit. Sementara, Isuzu (termasuk di dalamnya adakendaraan penumpang) mencatatkan penjualan sebanyak 6.472 unit.

Salah satu jenis truk yang dipasarkan Isuzu Astra Motor Indonesia yakni Isuzu Elf NMR 80SHD  – dok.Motoris

Merek Hino bercokol di urutan ketiga setelah berhasil melego 5.672 unit. Pangsa pasar yang berhasil dicomot Hino di keseluruhan pasar (kendaraan penumpang maupun komersial) sebesar 2,2%.

Sementara penjualan kendaraan komersial Mercedes-Benz menempati urutan keempat dalam daftar. Merek asal Jerman itu berhasil mengumpulkan total penjualan sebanyak 463 unit, atau 0,2% dari seluruh total pasar.

UD Trucks  yang dipasarkan Grup Astra menapaki posisi kelima dengan total penjualan 430 unit yang dikoleksinya pada Januari sebanyak 149 unit, Februari 137 unit, Maret 81 unit, April 30 unit, dan Mei 33 unit. Merek ini berhasil mencicipi 0,2% dari total penjualan seluruh jenis kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Dia disusul Tata Motors yang bertengger di posisi keenam. Merek asal India ini mencatatkan angka penjualan sebanyak 180 unit, yang berasal dari penjualan Januari 37 unit, Februari 104 unit, Maret 19 unit, April 6 unit, dan Mei 14 unit.

Ilustrasi, booth UD Trucks di GIICOMVEC 2020 – dok.Motoris

Tata masih mengungguli merek FAW, dalam penjualan ritel di lima bulan pertama tahun ini. Merek asal Cina itu mengoleksi angka penjualan sebanyak 130 unit, di urun waktu itu.

Tapi, penjualan FAW ini lebih banyak dibanding merek asal Swedia, Scania, Data Gaikindo memperlihatkan, total penjualan yang berhasil dicatatkan merek itu selama Januari – Mei hanya 84 unit.

Meski, penjualan Scania itu masih jauh lebih banyak ketimbang angka yang ditorehkan oleh MAN Truck & Bus. Merek asal Munich, Jerman, itu tercatat hanya menjual sebanyak 9 unit yang dicatatkannya pada Januari 1 unit, Februari 1, Maret 2 unit, dan Mei 5 unit. Sedangkan bulan April nihil. (Fan/Ara)

Ilustrasi, bus ber-chassis Scania – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS