Januari – Mei, Ini Merek Mobil Eropa Terlaris di RI

Januari – Mei, Ini Merek Mobil Eropa Terlaris di RI
New BMW 730Li M Sport - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Mei kemarin, total penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak hanya 17.083 unit atau longsor 82% dibanding penjualan di Mei tahun lalu yang masih sebanyak 93.881 unit. Wabah virus corona yang mendera dan berdampak ke aspek sosial (terbatasnya kegiatan masyarakat) maupun ekonomi yang berujung melemahnya daya beli masyarakat menjadi penyebabnya.

Sedangkan, seperti terungkap di data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris di Jakarta, Rabu (10/6/2020) di rentang lima bulan pertama itu, penjualan kendaraan ke diler (wholesales) juga ambrol dibanding tahun. Bahkan jauh lebih dalam, yakni hingga 95,77%, karena mobil yang terjual hanya 3.551 unit.

Menurut Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, jeblosnya penjualan selama bulan Mei (baik dibanding bulan yang sama tahun lalu atau dibanding bulan sebelumnya di tahun ini) sudah diprediksi pada Februari lalu. Saat itu, kata dia, rapat pengurus Gaikindo memperkirakan dampak wabah virus corona (Covid-19) bakal memukul daya beli masyarakat.

Ilustrasi, MINI Clubman versi baru diluncurkan 14 Februari 2020 – dok.Motoris

Terlebih, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai marak diberlakukan di sejumlah daerah pada April dan Mei, juga diikuti dengan ketentuan Work From Home (WFH). Sehingga, banyak diler yang tutup atau kegiatannya sangat terbatas.

“Dalam kondisi seperti ini apakah masih banyak orang yang berpikir beli mobil? orang fokus ke wabah Covid-19. Daya beli juga menurun. Stok unit di diler masih banyak, sehingga aktifitas distribusi (wholesales) juga menurun atau bahkan ada yang berhenti. Kita prediksi Maret sampai Juni anjlok. Setelah itu naik. Tetapi mudah-mudahan Juni ini sudah mulai ada kenaikkan,” papar dia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Merek asal Eropa
Hampir semua merek membukukan penurunan penjualan selama periode lima bulan pertama tahun ini. Tak terkecuali mpbil-mobil besutan merek asal Eropa.

Data Gaikindo menunjukkan, di kurun waktu ini merek asal Jerman yakni Bayerisce Motoren Werke (BMW) menjadi mereka asal Benua Biru yang paling laris, yakni dengan penjualan ritel sebanyak 706 unit. Dia mengungguli merek satu negara dengannya – Mercedes-Benz – yang menjual sebanyak 695 unit.

Berada di urutan ketiga terdapat Volkswagen (VW) yang mencetak angka penjualan 293 unit. Di belakangnya ada mereka asal Inggris (yang berada di bawah payung BMW Group) MINI, dengan total ritel 185 unit.

New Peugeot 5008 yang diluncurkan di Indonesia 2019 lalu dibanderol Rp 820 juta – dok.API

Bertengger di posisi kelima ada merek asal Prancis, Peugeot. Merek yang di Republik Indonesia dijajakan oleh PT Astra Peugeot itu laku 112 unit sepanjang lima bulan pertama tahun ini.

Merek satu asal dengannya, Prancis – yakni Renault, yang diniagakan oleh Renault Maxindo – bercokol di urutan keenam. Dia membukukan penjualan sebanyak 72 unit.

Sedangkan Audi yang dipasarkan oleh PT Garuda Mataram Motor berada di urutan buncit. Merek asal Jerman ini membukukan penjualan hanya sebanyak 14 unit di rentang lima bulan pertama itu. (Fan/Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This