FAW, Truk Asal Cina yang Lebih Laris Ketimbang Scania

FAW, Truk Asal Cina yang Lebih Laris Ketimbang Scania
Truk FAW yang dijual di Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Mei kemarin, truk besutan pabrikan asal Cina – FAW Group Corporation – yakni FAW terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 130 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, truk ini lebih laris ketimbang truk asal Swedia Scania dan truk asal Jerman, MAN.

Data hasil kompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris di Jakarta, Rabu (10/6/2020) menunjukan sepanjang lima bulan pertama tahun ini, penjualan ke konsumen (ritel) truk FAW terjadi di setiap bulan. Pada bulan Januari misalnya sebanyak 18 unit, Februari 48 unit, Maret 44 unit, April 17 unit, dan Mei 3 unit.

Jumlah ini lebih banyak ketimbang yang dibukukan merek Scania (yang juga termasuk bus) sebanyak 84 unit. Penjualan Scania itu berasal dari penjualan Januari yang sebanyak 11 unit, Februari 44 unit, Maret 9 unit, April 12 unit, serta Mei 8 unit.

Ilustrasi, FAW Indonesia memberikan jaminan suku cadang dan pelatihan mekanik kepada perusahaan pembelinya – dok.Motoris

Bahkan, jauh lebih banyak dibanding penjualan yang dibukukan oleh truk buatan MAN Truck & Bus AG. Truk asal Jerman itu di Januari – Mei kemarin terjual (ritel) sebanyak 9 unit, yakni Januari 1 unit, Februari 1 unit, Maret 2 unit, dan Mei 5 unit. Sedangkan pada April, penjualan nihil.

Penjualan truk FAM yang dijajakan oleh PT Gaya Makmur Mobil (GMM) tercatat terus meningkat sejak tahun 2017. Pada tahun itu, penjualan yang dibukukannya masih sebanyak 2019 unit.

Tahun 2018 merangkak naik menjadi 257 unit. Tahun 2019 meningkat lagi. Terbukti, penjualan ritel yang dibukukannya telah mencapai 291 unit. (Ril/Ara)

Varian truk FAW dipamerkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This