Penjualan Mobil Mewah Januari – Mei, BMW Tekuk Mercy di RI

Penjualan Mobil Mewah Januari – Mei, BMW Tekuk Mercy di RI
Ilustrasi, New BMW 740 Li - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Mei kemarin, penjualan mobil BMW – yang dijajakan oleh BMW Group Indonesia – ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 706 unit. Jumlah ini mengungguli pesaing terberatnya, Mercedes-Benz (Mercy), yang pada periode sama 695 unit.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris, di Jakarta, Rabu (10/6/2020) menunjukkan, penjualan BMW di lima bulan pertama itu lebih banyak 11 unit dibanding penjualan yang dibukukan merek yang berasal satu negara dengannya – Jerman – itu.

Penjualan BMW sebanyak itu berasal dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 176 unit, Februari 200 unit, Maret 191 unit, April 55 unit, dan Mei 85 unit. Sedangkan penjualan Mercedes-Benz meliputi penjualan yang dicatatkan pada Januari 122 unit, Februari 219 unit, Maret 202 unit, April 68 unit, dan Mei 64 unit.

Booth Mercedes-Benz E350e dalam sebuah pameran otomotif di Indonesia – dok.Motoris

Sekadar catatan, data Gaikindo juga menunjukkan, sepanjang tahun 2019 lalu, penjualan BMW di Indonesia tertinggal oleh Mercedes-Benz dengan selisih yang terbilang lumayan. Di tahun itu mobil Mercedes-Benz (hanya kendaraan penumpang saja, tidak termasuk bus dan truk) terlego ke konsumen sebanyak 3.44 unit, sedangkan mobi BMW (hanya BMW saja, tanpa mobil merek MINI) terjual sebanyak 2.943 unit.

“Dari total penjualan (ritel) tersebut, 61% merupakan penjualan model sedan.Sedangkan 31% dari penjualan model SUV, hatchback 6%, dan van 2%,” papar Deputy Director Sales Operation and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, di sela acara yang berlangsung di Wanaherang,Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020).

Kembali lagi ke penjualan pada kurun waktu lima bulan pertama tahun 2020 ini, merek mewah milik Toyota – Lexus – yang di Tanah Air dipasarkan Lexus Indonesia mengoleksi angka penjualan sebanyak 351 unit. Berada di belakangnya terdapat merek MINI yang menjual sebanyak 185 unit.

Lexus LS 500 – dok.Lexus Indonesia

Kemudian mobil buatan merek asal Prancis – Peugeot – berhasil melego 112 unit di periode itu. Sedangkan Audi hanya berhasil menjual sebanyak 14 unit saja.

Adapun Volkswagen ( yang di dalamnya ada model yang masuk kategori menengah) pada tiga Januari – Mei itu membukukan total penjualan ke konsumen sebanyak 297 unit. Penjualan itu berasal dari januari sebanyak 123 unit, Februari 144 unit, Maret 48 unit, April 9 unit, dan Mei 3 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This