Mei, Penjualan Global Mobil Merek Jepang Ambles 38%

Mei, Penjualan Global Mobil Merek Jepang Ambles 38%
Ilustrasi, proses produksi mobil di pabrik milik Nissan Motor Company - dok.Istimewa via Automotive Manufacturing Solution

Tokyo, Motoris – Penjualan mobil buatan pabrikan Jepang sepanjang Mei lalu ditaksir ambrol hingga 38% dibanding bulan yang sama tahun 2019. Penurunan terjadi karena di bulan itu masih banyak diler dan pabrik milik merek-merek mobil itu tutup seiring dengan berlakunya penutupan wilayah akibat dampak wabah virus corona.

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (29/6/2020) – yang menghimpun data penjualan dari tujuh merek utama pembuat mobil asal Jepang – penjualan mobil Jepang di bulan kelima itu tercatat sebanyak 1,47 juta unit. Jumlah ini merosot 38% dibanding penjualan Mei 2019 yang sebanyak 2,38 juta unit.

“Namun, penurunan penualan sepanjang Mei itu lebih kecil dibanding penurunan yang dibukukan sepanjang bulan April yang mencapai 50%,” tulis media itu.

Ilustrasi, produksi mobil di Jepang – dok.Mainichi.jpg

Sedangkan di bulan yang sama, produksi mobil seluruh merek asal Jepang di pasar global juga ambrol 62% dibanding Mei 2019. Sementara, dibanding produksi selama bulan April tahun ini, produksi selama Mei juga ambles hingga 55%.

“Permintaan mobil telah merosot secara global sejak Maret karena orang-orang di sebagai besar negara terpaksa tinggal di dalam rumah karena kebijakan lockdown untuk mengendalikan wabah corona, yang mengarah ke ketidakpastian terhadap ekonomi jangka panjang,” sebut Reuters.

Sepanjang Mei itu, Toyota menjual mobil sebanyak 609.460 unit (turun 34% dibanding Mei 2019). Nissan menjual 272.873 unit merosot 37,3%, dan Honda 327.000 unit atau merosot 29%.

Proses produksi mobil Mazda di Thailand – dok.Bangkok Post

Penjualan kendaraan turun di hampir semua wilayah, dan penuruan paling dalam terjadi di pasar wilayah Amerika Utara dan Eropa. Sedangkan Cina menjadi satu-satunya wilayah yang memberi titik terang penjualan, dimana Toyota, Nissan, dan Mazda Motor Corp membukukan pertumbuhan penjualan. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This