Tak Mau Tertinggal Merek Lain, Suzuki Patenkan Konsep Motor Hybrid

Tak Mau Tertinggal Merek Lain, Suzuki Patenkan Konsep Motor Hybrid
Konsep sepeda motor listrik Suzuki berteknologi hybrid yang dipatenkan - dok.Visordown

Shizuoka, Motoris – Kabar tentang pengembangan sepia motor berteknologi hybrid (yang meadukan motor listrik dengan mesin konvensional) dalam beberapa pekan terakhir semakin kencang. Setelah Kawasaki yang dikabarkan tengah menyiapkan versi hybrid supercharged dan Yamaha tengah tekun mengembangkan motor jenis trike berteknologi yang sama, kini Suzuki dikabarkan juga melakukan langkah serupa.

Seperti dilaporkan laman Visordown dan Inside Electric Live, Jumat (3/6/2020), Suzuki Motor telah mendaftarkan hak paten atas teknologi sistem hybrid ini menggabungkan kerja antara mesin konvensional pembakaran internal dengan motor listrik. Kehadiran teknologi ini bertujuan untuk mendapatkan torsi dan tenaga yang lebih besar, namun tetap ramah terhadap lingkungan.

Motor listrik tersebut mendapat suplai tenaga dari baterai yang terletak di bawah jok pengendara. Jika motor sedang berjalan dengan mesin konvensional, maka transmisi akan mengubah fungsi motor menjadi generator yang akan membantu suplai listrik ke baterai dan mendukung kinerja komponen kelistrikan lainnya.

Gambar sumber tenaga sepeda motor listrik hybrid Suzuki – dok.Visordown

Sementara, pada mode listrik, motor ini akan akan menggunakan tenaga elektrik murni dari sumber daya baterai. Dalam mode seperti itu, mesin konvensionl bertindak sebagai penyuplai daya ke baterai, sehingga motor tak akan kehabisan sumber daya karena baterai tetap terisi.

Hanya, hingga ini taka da penjelasan yang pasti, model motor apa yang bakal menyandang teknologi hybrid tersebut. Meski begitu, kehadiran gambar-gambar yang tersebut, menjadi bukti bahwa Suzuki memang serius dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan yang menjadi sebuah keniscayaan sesuai tuntutan zaman.

Sistem penggerak sepeda motor hybrid Suzuki – dok.Visordown

Kemungkinan untuk mendapatkan gambaran atas sosok motor Suzuki yang berteknologi hybrid di tahun ini juga menjadi sesuatu yang muskil. Pasalnya, dua hajatan pameran motor dunia yang kerap menampilkan konsep-konsep anyar yakni Intermot di Jerman dan EICMA di Milan, Itlia, resmi dibatalkan karena merebaknya wabah virus corona. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This