Penjualan Toyota di Juni Kembali Melejit, Rush Terlaris

Penjualan Toyota di Juni Kembali Melejit, Rush Terlaris
Toyota All New Rush untuk pasar ekspor - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah pada bulan sebelumnya atau di Mei merosot tajam, pada bulan Juni penjualan mobil Toyota dari diler ke konsumen (ritel) mulai melejit kembali, yakni dari 6.727 unit menjadi 11.196 unit. Namun, di bulan penutup semester pertama itu bukan Toyota Avanza yang menjadi bintang penjualan atau terlaris– seperti yang terjadi selama ini – melainkan Toyota Rush.

Data yang diperoleh Motoris, di Jakarta, Kamis (9/7/2020) menunjukkan, selama Juni, Low SUV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini terjual ke konsumen sebanyak 2.274 unit. Sedangkan Toyota Avanza mengantongi angka penjualan sebanyak 2.248 unit.

Posisi ketiga di daftar model terlaris pada bulan keenam itu ditempati Toyota Calya. Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) tujuh kursi penumpang ini di bulan itu terjual sebanyak 1.696 unit.

Sementara, medium MPV Toyota Kijang Innova bercokol di urutan keempat dengan total penjualan ritel sebanyak 1.606 unit. Adapun Toyota Agya yang terlego 984 unit menapaki posisi kelima. Dan sisanya, dibukukan oleh sejumlah model Toyota lainnya.

Toyota Avanza – dok.PT TAM

Sebelumnya, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama Mei dari total penjualan ritel yang sebanyak 6.727 unit, 1.298 unit di antaranya dibukukan oleh Toyota Avanza dan menempati urutan pertama di daftar mobil Toyota terlaris di bulan tersebut.

Toyota Rush di bulan itu membukukan penjualan sebanyak 1.264 unit dan menapaki urutan kedua terlaris. Posisi ketiga di bulan kelima itu ditempati Toyota Calya  – sama dengan posisi di bulan Juni – dengan jumlah penjualan 1.129 unit.

Begitu pun dengan posisi keempat dan kelima yang juga ditempati Toyota Kijang Innova dan Toyota Agya juga sama dengan posisi di bulan Juni. Masing-masing model itu membukukan penjualan ritel 1.001 unit dan 724 unit.

Toyota All New Kijang Innova versi yang ada di pasar saat ini- dok.Motoris

Dengan tambahan penjualan selama Juni itu, maka total penjualan ritel Toyota selama semester pertama atau selama Januari hingga Juni tahun ini, tercatat sebanyak 92.965 unit. Jumlah tersebut dibukukan dari penjualan Januari yang sebanyak 24.928 unit, Februari 23.884 unit, Maret 17.787 unit, April 8.443 unit, Mei 6.727 unit, serta Juni 11.167 unit. (Ril/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS