Semester Satu, Penjualan Daihatsu Indonesia Ambles 39%

Semester Satu, Penjualan Daihatsu Indonesia Ambles 39%
Tampilan belakang New Astra Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe - dok.ADM

Jakarta, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut penjualan mobil Daihatsu yang dipasarkannya ke konsumen (ritel) sepanjang Januari – Juni atau semester pertama tahun ini sebanyak 53.577 unit. Jumlah itu ambles 39% dibanding penjualan di periode sama tahun lalu.

Meski begitu, amblesnya penjualan tersebut diklaim masih lebih baik ketimbang penurunan penjualan yang dibukukan industri mobil scara keseluruhan. Pasalnya, di rentang waktu yang sama, total penjualan ritel mobil secara keseluruhan ambrol 42% atau hanya sebanyak 290.000-an unit.

“Sehingga, market share Daihatsu mengalami kenaikan sebesar 0,8% dari 17,6% YTD Juni 2019 (year to date, Januari – Juni 2019) menjadi 18, 4% YTD Juni 2020 (year to date, Januari – Juni 2020),” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

All New Daihatsu Terios- dok.Motoris

Penjualan ritel Daihatsu di enam bulan pertama tersebut, kata Amelia, masih didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra, dengan total penjualan 15.194 unit. Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) tujuh kursi penumpang ini berkontribusi 28,4% terhadap total penjualan Daihatsu.

Kontributor terbesar kedua dan ketiga adalah pikap Daihatsu Gran Max yang terjual 11.010 unit atau 20,5% dari total penjualan, dan Terios yang laku 8.360 unit atau 15,6% dari keseluruhan penjualan. Sementara LCGC Daihatsu Ayla menyumbang 12,5% penjualan dengan jumlah 6.682 unit, Daihatsu Xenia 10,8% dengan total 5.761 unit, Gran Max minibus 9,4% dengan volume 5.028 unit, serta Daihatsu Luxio dan Daihatsu Sirion sebesar 2,9% dengan jumlah penjualan 1.542 unit.

“Pasar ritel otomotif nasional mulai menunjukkan peningkatan di bulan Juni 2020 dengan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan Mei 2020,”  ujar Amelia.

LCGC Astra Daihatsu Ayla – dok.Istimewa

Sedangkan dalam penjualan ke diler (wholesales) di paruh pertama tersebut ADM mencatatkan volume sebanyak 49.774 unit, atau turun 43% dibanding wholesales pada periode sama tahun 2019. Lagi-lagi, penurunan di penjualan ini diklaim masih lebih baik ketimbang penurunan wholesales secara nasional yang ambrol 46% dibanding tahun 2019.

Alhasil, market share Daihatsu dalam total wholesales nasional naik dari 18,1% pada YTD Juni 2019 menjadi 19,1% sepanjang YTD Juni 2020. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This