Sempat Dua Kali Diundur, Bangkok Motor Show 2020 Akhirnya Digelar

Sempat Dua Kali Diundur, Bangkok Motor Show 2020 Akhirnya Digelar
Seorang model yang berpose dengan sebuah mobil di hajatan bangkok International Motor Show 2020 - dok.Reuters

Bangkok, Motoris – Setelah dua kali diundur hingga Maret lalu, akhirnya hajatan Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 digelar mulai hari ini, Rabu (15/7/2020) hingga Senin (26/7/2020). Pameran otomotif tahunan yang tahun ini merupakan perhelatan ke-41 itu dinilai sebagai pertaruhan reputasi bagi Thailand sebagai negara produsen terbesar mobil di kawasan regional Asia Tenggara.

Seperti dilaporkan Reuters dan The National Selasa (13/7/2020) Chief Executive Grand Prix International – penyelenggara BIMS, Prachin Eamlumnow, menyebut penyelenggaraan BIMS kali ini menjadi barometer bagi industri otomotif di dunia. Sebab, penyelenggara hajatan serupa di berbagai negara juga akan melihat seperti apa pameran itu berlangsung di tengah wabah virus corona (Covid-19) yang hingga kini masih mendera dunia.

“Ini lebih dari sekadar pameran motor, tetapi juga reputasi Thailand. Karena penyelenggara acara lainnya akan melihat (seperti apa hajatan berlangsung),” ujar dia.

Memang, Thailand tercatat menjadi negara pertama yang menggelar pameran otomotif sejak pandemi Covid-19 merebak di berbagai belahan bumi. Negeri Gajah Putih itu memang tidak memiliki catatan ada linjakan kasus positif Covid-19 sejak tujuh pekan terakhir.

Sejumlah gadis usher di booth Audi mengenakan pelindung wajah saat bertugas di Bangkok International Motor Show 2020 – dok.Reuters

Thailand secara berangsur memang melakukan pengurangan pembatasan aktifitas masyarakatnya yang sebelumnya dilakukan demi mencegah paparan wabah. Pengurangan pembatasan itu dilakukan untuk menggerakkan lagi roda perekonomian nasionalnya.

Meski begitu, dalam hajatan ini, penyelenggara berjanji untuk tetap melakukan pembatasan kerumunan orang banyak melalui pintu masuk. Maklum, di gelaran kali ini peserta pameran juga masih membeludak.

Tercatat 25 merek mobil – termasuk Ford dan Subaru – dan 22 produsen sepeda motor menjadi peserta. Mereka akan memajang model baru maupun pembaruan dari produk-produknya.

Setiap stan merek memiliki titik masuk dan keluar dan tamu diwajibkan untuk memindai kode QR, sejenis barcode dengan ponsel mereka saat masuk dan pergi di gelaran yang dilansungkan di Impact Arena Muang Thong Thani, Bangkok tersebut. Sehingga, pengunjung tak bisa lalu-lalang semaunya seperti penyelenggaraan sebelum-sebelumnya.

Gadis usher di booth MG Motor yang mengenakan pelindung wajah di hajatan Bangkok International Motor Show 2020 – dok.Reuters

Sementara, staf di stan juga akan mengenakan masker atau pelindung wajah selama pameran berlangsung. “Pemerintah mengizinkan kami untuk menggelarnya, tetapi kami masih harus sangat berhati-hati,” ucap Prachin. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS