Dijegal Corona, Ekspor Mobil RI di Semester I Anjlok 24,4%

Dijegal Corona, Ekspor Mobil RI di Semester I Anjlok 24,4%
Ilustrasi, ekspor Toyota Fortuner - dok.TMMIN

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Juni atau selama semester pertama tahun ini total ekspor mobil dalam wujud utuh (CBU) maupun secara terurai atau completely knocked down (CKD) ke berbagai negara ambrol hingga 24,4% dan 45,1%. Dampak wabah virus corona yang mendera berbagai belahan dunia disebut sebagai penyebabnya.

“Pandemi covid-19 (wabah virus corona) ada di mana-mana. Banyak negara, termasuk tujuan ekspor yang menutup wilayah, sebagain kegiatan impor berhenti, untuk produk tertentu termasuk otomotif. Kondisi ini berdampak ke ekspor kita,” ungkap Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Data yang dihimpun Gaikindo menunjukkan, di enam bulan pertama itu ekspor mobil CBU hanya 104.158 unit. Jumlah itu anjlok dibanding periode sama tahun 2019 yang sebanyak 136.959 unit.

Sedangkan mobil yang dikirim ke luar negeri dalam wujud terurai (CKD) di rentang waktu itu tercatat sebanyak 144.212 unit. Jumlah itu ambrol 45,1% dibanding jumlah yang diekspor selama enam bulan pertama tahun 2019 yang sebanyak 262.804 unit.

Ilustrasi, ekspor Mitsubishi Xpander – dok.Kompas.com

Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi Motors, Honda, Wuling, Hyundai, Hino, serta DFSK. Namun, tidak semua merek tersebut membukukan amblesnya ekspor, sebab ada beberapa merek yang masih mencatatkan kenaikan, terutama di bulan Juni.

Sebelumnya, dalam diskusi virtual di Jakarta, 27 Juni lalu, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono memperkirakan ekspor mobil Toyota tahun ini melorot 40% dibanding tahun 2019. Hal itu dikarenakan dampak wabah virus corona yang berpengaruh ke perekonomian negara-negara di dunia.

“Banyak negara tujuan ekspor kita, seperti di Amerika Latin dan Timur Tengah, perekonomiannya juga lesu. Sebab, harga minyak juga terus tertekan (turun),” kata dia. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This