Diseruduk Corona, Laba Hyundai dan Kia di Kuartal II Ambrol

Diseruduk Corona, Laba Hyundai dan Kia di Kuartal II Ambrol
SUV Genesis GV80, merek mewah milik Hyundai - dok.CarBuzz

Seoul, Motoris – Pendapatan Hyundai Motor Company dan afiliasinya Kia Motors Corporation yang merupakan produsen mobil terbesar Korea Selatan selama kuartal kedua tahun ini (April – Juni) ambrol. Meski, nasib keduanya masih lebih bagus ketimbang para pesaingnya dari luar Korea.

Pernyataan tersebut diungkap analis dan pialang lokal, seperti dilaporkan Yonhap News, Senin (20/7/2020). “Pendapatan Hyundai dan Kia diperkirakan ambles ketika pandemi Covid-19 mempengaruhi produksi kendaraan mereka, dan penjualan di pasar utama seperti Amerika Serikat dan Eropa,” bunyi pernyataan para analis.

Para pialang memperkirakan laba bersih Hyundai di sepanjang kuartal kedua anjlok hingga 82% menjadi 176 miliar won dari 999,6 miliar won yang dibukukan pada periode sama tahun 2019. Sedangkan laba bersih Kia longsor dari 505,4 miliar menjadi 60 miliar won.

Laba operasi Hyundai juga ambrol, dari 1,24 triliun won menjadi 248 miliar won. Hal ini terkait dengan nilai penjualan yang merosot 26%, yakni dari 26,97 triliun won menjadi 19,84 triliun won di sepanjang kuartal kedua tahun ini.

New Kia Sorento – dok.Istimewa

Pendapatan operasional Kia diproyeksikan turun menjadi 25 miliar won dari 533,6 miliar won selama tiga bulan kedua di tahun ini. Nilai penjualan pabrikan ini diperkirakan anjlok 23% dari 14,51 triliun won menjadi 11,21 triliun won.

Para analis mengatakan penjualan model baru Hyundai dan Kia di pasar domestik menolong mereka dari keterpurukan. Meski, kinerja keduanya dinilai masih lenih baik dibanding para pesaing global mereka.

“Keduanya kemungkinan memiliki kinerja yang lebih baik daripada saingan mereka yang lebih besar, dibantu oleh permintaan lokal yang kuat untuk sedan G80 Hyundai dan kendaraan sport GV80 (merek independen Hyundai seperti Lexus di Toyota, yakni Genesis) dan SUV Sorento dan sedan K5 Kia,” papar analis di SK Securities Co, Kwon Soon-woo.

Hyundai Santa Fe versi terbaru – dok.Hyundai Motor Company

Kedua pabrikan itu akan mengumumkan laporan kinerja kuartal kedua tersebut pada Kamis (23/7/2020). (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS